PT Telkom memastikan seluruh layanan TelkomGroup yang sempat mengalami penurunan kualitas akibat gangguan sistem komunikasi kabel laut JaSuka ruas Batam-Pontianan, Minggu lalu (19/9), kini sudah sepenuhnya normal.
- Bakso Malang Enggal Gandeng Telkom, Hadirkan Wi-Fi Gratis untuk Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan
- Telkom Buka Suara Soal Tagihan ‘Telepon Tidur’ Rp9 Triliun Pertahun
Baca Juga
Pelanggan di seluruh Indonesia sudah bisa menggunakan layanan baik fixed broadband termasuk IndiHome maupun mobile broadband milik Telkomsel seperti sedia kala.
"Hingga hari ini (24/9) kapasitas bandwidth telah mencapai target pemulihan 100 persen layanan, seiring dengan bertambahnya kapasitas sebesar 1Tbps kemarin malam. Hal ini tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur back-up dan alternatif khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Dengan demikian, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband sudah 100 persen kembali normal," ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono dalam keterangan resminya, Jumat (24/9).
Terkait dengan perbaikan kabel laut JaSuKa yang menjadi sumber gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. Telkom tengah melakukan penyiapan tim, cableship dan segala kebutuhannya untuk mempercepat proses penyambungan kabel.
Diperkirakan untuk perbaikan kabel laut ini akan selesai pada minggu kedua Oktober bahkan bisa lebih cepat. Pada saat yang sama, Telkom berhasil melakukan upaya rerouting dan back-up link, sehingga perbaikan layanan TelkomGroup termasuk IndiHome dapat kembali normal seperti sediakala dan dinikmati pelanggan tanpa perlu menunggu selesainya penyambungan kabel laut tersebut.
Pujo mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan pelanggan yang setia menggunakan layanan TelkomGroup. "Semoga pelanggan dapat kembali beraktivitas secara digital dengan nyaman," pungkasnya.
- Bakso Malang Enggal Gandeng Telkom, Hadirkan Wi-Fi Gratis untuk Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan
- Telkom Buka Suara Soal Tagihan ‘Telepon Tidur’ Rp9 Triliun Pertahun
- Telkom Pastikan Transformasi Five Bold Moves Berjalan Lancar