Stok Vaksin Capai 140 Juta, Menkes Budi: Cukup Sampai Tiga Bulan

Ilustrasi (istimewa/rmolsumsel.id)
Ilustrasi (istimewa/rmolsumsel.id)

Ketersediaan vaksin Covid-19 terus diperbanyak. Saat ini stok vaksin di Indonesia yang ada mencapai 140 juta dosis. Stok tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi hingga tiga bulan kedepan.


“Kalau stok saat ini 140 juta. Cukup sampai tiga bulan kedepan dengan estimasi perbulannya mencapai 50 juta dosis,” kata Budi, usai meresmikan gedung pelayanan A RSUP Dr Rivai Abdullah Palembang, Rabu (5/1).

Dia mengatakan, pihaknya saat ini terus melakukan percepatan vaksinasi. Apalagi, ada satu juta dosis yang sudah mendekati masa kedaluwarsa. “Ada satu juta dosis yang masa kedaluwarsanya lima minggu lagi. Jadi ini terus kami percepat penggunaannya,” terang Budi.

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun juga akan digencarkan tahun ini. Menurutnya, vaksinasi anak memiliki syarat dan kriteria serta target sesuai kondisi daerah.  “Karena fokus pemberian vaksin saat ini ke orang dewasa. Jadi kalau tidak diberi target maka akan dilupakan. Banyak daerah yang belum penuhi syarat. Kalau di Palembang sudah bagus, bisa melaksanakan vaksinasi anak,” jelasnya.

Selain itu juga akan ada vaksinasi booster yang rencananya akan dilakukan mulai 12 Januari 2022 ini. Sehingga stok vaksin yang ada akan digunakan juga untuk booster ini. “Sudah kita siapkan vaksinasi booster, rencananya pada 12 Januari ini. Ini sebagai antisipasi Omicron,” pungkasnya.