Semester Genap 2022, Mahasiswa UIN RF Palembang Bisa Ajukan Magang di Pertamina

GM Pertamina RU III Plaju Moh. Hasan Efendi menerima kunjungan UIN Raden Fatah Palembang. (Ist/rmolsumsel.id)
GM Pertamina RU III Plaju Moh. Hasan Efendi menerima kunjungan UIN Raden Fatah Palembang. (Ist/rmolsumsel.id)

UIN Raden Fatah Palembang dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju melakukan kerja sama yang memungkinkan mahasiswa magang di perusahaan pelat merah tersebut. Hal ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.


Wakil Rektor III Bagian Kemahasiswaan, Hamidah mengatakan, mahasiswa bisa melakukan magang pada tahun 2022 nanti. Semakin cepat pihak fakultas berkoordinasi dengan pihak Pertamina, maka semakin cepat pula proses magang.

“Saya rasa kalau untuk saat ini terlalu mepet. Karena kita sudah masuk akhir semester ganjil. Kemungkinan untuk magang dilakukan pada semester genap yang akan datang. Namun itu sesuai dengan komunikasi fakultas masing-masing. Jika cepat berkomunikasi untuk proses magang, mungkin akan lebih cepat,” katanya kepada Kantor Berita RMOLSumsel, Senin (15/11).

Menurut Hamidah, program magang menjadi bagian dari Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Fakultas yang sangat dekat dengan keilmuan Pertamina adalah Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek).

“Dari sisi keilmuan, fakultas yang paling dekat adalah Fakultas Saintek. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk fakultas-fakultas lainnya untuk magang di sana juga. Tinggal nanti disesuaikan di bidang apa,” tuturnya.

Bagi mahasiswa yang ingin magang di Pertamina maka harus mengajukan magang melalui proses audiensi ke pihak Pertamina. Selanjutnya Pertamina akan melakukan seleksi.

“Seleksi magang di Pertamina biasanya sama seperti perusahaan lain, seperti Telkomsel atau Media Kompas. Nanti mahasiswanya tinggal pilih mau magang di mana. Kemudian diseleksi sama lembaga tersebut dengan berbagai cara, dengan kemampuan akademik, ada wawancara dan lain sebagainya,” terangnya.

Hamidah menambahkan, UIN RF Palembang punya peluang besar untuk memanfaatkan kesempatan ini. Ia berharap mahasiswa UIN RF terutama mahasiswa Saintek segera memanfaatkan peluang ini.

“Karena Sumber Daya Manusia (SDM) seperti dosen dan mahasiswa yang masuk SI Sanitek sudah melalui seleksi ketat. Jadi saya yakin mahasiswanya pintar. Kita juga sangat percaya diri untuk kerja sama dengan Pertamina,” tuturnya.

General Manager Pertamina Refinery Unit III Plaju, Moh. Hasan Efendi mengatakan, kerja sama ini dilaksanakan untuk meningkatkan Tridharma Perguruan Tinggi di UIN RF Palembang dan juga untuk dapat ikut andil dan bermanfaat.

“Semoga kerja sama ini bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melakukan program magang. Sehingga nantinya potensi dari mahasiswa magang dapat membantu PT Pertamina,” katanya.