Satres Narkoba Polres Ogan Ilir Musnahkan 270 Butir Ekstasi

Pemusnahan barang bukti narkoba oleh Satres Narkoba Polres Ogan Ilir. (ist/rmolsumsel.id)
Pemusnahan barang bukti narkoba oleh Satres Narkoba Polres Ogan Ilir. (ist/rmolsumsel.id)

Sebanyak 270 butir ekstasi hasil pengungkapan kasus, Rabu (15/9), dimusnahkan Satuan Reserse Narkoba Polres Ogan Ilir. Pemusnahan dilakukan dengan cara diblender lalu dibuang ke saluran air.


Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kasatres Narkoba, AKP Zon Prama mengatakan, pemusnahan barang bukti tersebut merupakan hasil penangkapan tersangka Elviyandi dan Johan yang dilakukan 16 Agustus 2021 lalu di Halaman Rumah Makan Pempek Ellen Jalan Lingkar Selatan Desa Ibul Besar Kecamatan Pemulutan.

“Keseluruhannya sebenarnya 285 butir. Sisanya sebanyak 10 butir digunakan untuk kepentingan penyidikan dan lima butir lainnya untuk pemeriksaan forensik,” kata Zon Prama saat dibincangi wartawan.

Zon menjelaskan, proses pemusnahan juga turut disaksikan perwakilan dari Kejari Ogan Ilir, BNN Kabupaten Ogan Ilir serta beberapa instansi lainnya. Termasuk juga tersangka pemilik barang haram tersebut. “Pemusnahan ini merupakan bagian dari komitmen Polri dalam memberantas peredaran gelap narkoba,” ucapnya.

Menurutnya, pemusnahan tersebut menjadi wujud transparansi dan bentuk pertanggung jawaban penyidik Polres Ogan Ilir secara hukum kepada publik. “Ini juga jadi wujud komitmen kami dalam menekan angka peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Ogan Ilir,” pungkasnya.