Rumah Zakat Sumsel Kirim Logistik dan Relawan Bantu Korban Gempa Pasaman Barat

Kerusakana gempa di Pasaman Barat/ist
Kerusakana gempa di Pasaman Barat/ist

Rumah Zakat Sumsel memberangkatkan satu unit truk kebaikan yang bermuatan logistik sembako untuk para korban gempa yang terjadi di Pasaman Barat, Sumatera Barat, Rabu (2/3).


Brand Manager Rumah Zakat Sumsel, Sulaiman mengatakan logistik sembako tersebut meliputi paket sembako, terpal, selimut, popok, hingga 1000 kaleng kornet superqurban. 

"Kalau jumlahnya di rupiahkan maka bantuan tersebut bernilai Rp70 juta yang dimuat dalam satu truk dan berat capai. 3,5 ton," katanya kepada awak media.

Sulaiman menjelaskan bahwa bantuan tersebut didapat dari hasil bantuan para masyarakat Kota Palembang dan sekitarnya yang berhasil dihimpun dalam waktu tiga hari tidak lama dari terjadinya gempa, pada 25 Februari 2022 lalu

Kemudian, Rumah Zakat Sumsel juga mengirimkan empat orang relawan yang akan disiagakan di lokasi tempat terjadinya gempa. Keempat relawan tersebut memiliki tugas masing-masing mulai dari tim cepat tanggap, terapis kesehatan mental, hingga dokumentasi.

Sementara itu, Walikota Palembang, Harnojoyo yang melepas langsung keberangkatan truk kebaikan tersebut mengatakan kegiatan ini sangat baik dilakukan. 

"Sebagai aksi kemanusiaan membantu korban bencana tentu hal seperti ini adalah langkah yang sangat baik," ujarnya.

Harnojoyo mengimbau kepada masyarakat agar menyisihkan rezekinya untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan, terutama saudara-saudara yang tengah mendapatkan musibah.

“Rumah Zakat Sumsel mengirimkan truk kebaikan, diharapkan ini bisa membantu saudara kita di Pasaman Barat yang tertimpa musibah gempa,” pungkasnya.