Rumah Dinas Wali Kota Palembang Dibuka untuk Warga, Jadi Tempat Aspirasi dan Edukasi

Walikota Palembang, Ratu Dewa resmi membuka akses rumah dinasnya sebagai rumah aspirasi warga/ist
Walikota Palembang, Ratu Dewa resmi membuka akses rumah dinasnya sebagai rumah aspirasi warga/ist

Wali Kota Palembang, Ratu Dewa, resmi membuka akses rumah dinasnya sebagai rumah aspirasi warga. Langkah ini menjadi bagian dari komitmen pemerintah kota dalam membuka ruang dialog langsung antara masyarakat dan pemimpin daerah.


“Fungsinya bukan sekadar rumah jabatan, tetapi juga sebagai jembatan langsung antara pemerintah dan masyarakat,” ujar Ratu Dewa saat peresmian, Selasa (29/4/2025).

Rumah aspirasi ini menjadi sarana terbuka bagi seluruh warga untuk menyampaikan keluhan, masukan, maupun ide demi kemajuan Kota Palembang. Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari program Dialog Palembang Sejahtera (DPS) yang sudah dimulai sejak Ratu Dewa menjabat sebagai Penjabat Wali Kota.

Meski memiliki nilai sejarah tinggi, rumah dinas tetap mempertahankan keaslian arsitektur heritage-nya. Namun, kini dilengkapi ruang khusus di sisi belakang dan samping sebagai tempat warga menyampaikan aspirasi secara langsung.

Dua titik utama yang dibuka untuk pelayanan aspirasi masyarakat adalah Rumah Dinas Wali Kota dan Balai Kota Palembang. Selain itu, Pemkot juga menyediakan kanal pengaduan online yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai leading sektor.

Tak hanya sebagai ruang dialog, rumah dinas juga disulap menjadi area edukatif. Anak-anak dari jenjang PAUD hingga SMP dapat mempelajari sejarah kota, menonton video interaktif, berkunjung ke museum mini, hingga menikmati spot foto edukatif.

Fasilitas bermain anak-anak pun tersedia di area luar, menjadikan rumah dinas sebagai ruang ramah keluarga.

“Konsepnya kami sesuaikan dengan semangat generasi Z dan milenial. Kami ingin Rumah Dinas menjadi tempat edukasi yang menyenangkan,” tambahnya.

Ratu Dewa menegaskan bahwa semua aspirasi yang masuk akan ditindaklanjuti secepat mungkin. Dinas-dinas teknis terkait akan hadir langsung untuk menangani setiap keluhan warga.

Untuk akses daring, masyarakat dapat mengunjungi situs dan media sosial resmi yang telah terintegrasi dengan layanan pengaduan Kominfo. Waktu pelayanan aspirasi juga akan diatur fleksibel, misalnya pada akhir pekan.

"Ini bukan hanya untuk kelompok tertentu. Semua warga, dari berbagai latar belakang, berhak bersuara dan kami siap mendengarkan,” tegas Ratu Dewa.