Rocky Gerung: Kembali Lagi ke Ide Awal Demokrasi

Ambang batas pencalonan Presiden atau Presidential Threshold (PT) idealnya memang dihilangkan atau nol persen. 


Sebab, Preshold nol persen itu akan ada free competition dan berangkat dari garis start yang sama. Atas dasar itulah, ide awal lahirnya demokrasi pertama kalinya di Athena Yunani.

Begitu disampaikan Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung saat menjadi narasumber dalam diskusi daring yang disiarkan di kanal YouTube Rocky Gerung Official, pada Senin (3/1).

"Jadi saya ingat lagi Plato di awal sejarah demokrasi Athena, tidak mempersoalkan siapa yang akan terpilih melalui elektabilitas, enggak ada survey di situ. Karena bagi Plato, setiap warga negara punya kemampuan etis yang sama untuk mewakili warga negara yang lain," tegasnya.

"Itu teori representasinya tuh. Jadi kalau kita bilang 0 persen sekarang itu ide dari awal begitu demokrasi," imbuh dia. Oleh sebab itu, kata Rocky, tidak sulit bagi penyelenggara Pemilu di Indonesia untuk menjadikan ambang batas presiden nol persen demi lahirnya kepemimpinan yang ideal dan representatif. 

"Karena kita percaya manusia itu kalau dia bisa bercakap-cakap secara etis dan argumen yang baik ya enggak kita curigai. Tapi justru demokrasi itu memperlihatkan pemburukan karena yang punya amplop tebal mendahului yang punya otak tebal. Nah itu bahayanya tuh," pungkasnya seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.