Ratusan Karyawan Titan Group Kepung Bank Mandiri

Suasana saat ratusan karyawan Titan Group  mendatangi kantor Bank Mandiri. (Noviansyah/rmolsumsel.id)
Suasana saat ratusan karyawan Titan Group mendatangi kantor Bank Mandiri. (Noviansyah/rmolsumsel.id)

Karyawan yang tergabung dalam Titan group terancam tidak akan menerima gaji, pasalnya karyawan perusahaan tersebut mendapatkan memo pemberitahuan bahwa perusahaan tidak dapat mencairkan gaji karyawan atau diundur, sampai batas waktu yang belum ada kejelasan.


Mengenai hal tersebut, ratusan karyawan yang tergabung dalam Titan Group ini menyambangi Kantor Cabang Bank Mandiri Muara Enim, di jalan Letnan Idham kelurahan Pasar II Muara Enim, Rabu (27/4).

Pantauan Kantor Berita RMOLSumsel di lapangan, karyawan Titan Group yang sekaligus merupakan nasabah Bank Mandiri ini mempertanyakan kejelasan tentang gaji karyawan yang belum dibayarkan beserta pemblokiran nomor rekening induk perusahaan mereka.

Ratusan nasabah yang hadir, mengancam jika tidak ada kejelasan mereka akan mengajukan pemindahan kerja sama perusahaan dengan Bank Mandri.

Dijadwalkan, gaji karyawan salah satu perusahaan yang berinduk pada Titan Group ini, PT. Servo Lintas Raya seharusnya cair Kamis (28/4). Namun Bank Mandiri menginformasikan ke manajemen perusahaan bahwa gaji tersebut tidak bisa dicairkan dan ditunda.

Manajer Humas PT Servo Lintas Raya, Mardan mengatakan, pihaknya sedang menunggu klarifikasi dari pihak bank Mandiri, mengenai kejelasan gaji karyawan.

"Kedatangan kami ini, sebagai nasabah bank Mandiri bukan aksi. Karyawan perusahaan yang hadir ini mempertanyakan nasib gaji karyawan yang sebelumnya dinformasikan akan ditunda," ujarnya.

Disinggung mengenai tanggapan pihak bank Mandiri, dirinya menjelaskan, bahwa pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan pihak pusat. "harapannya ya gaji kami bisa dicairkan, karena kasihan ini kan mau lebaran, tentu karyawan ini punya permasalahan masing-masing, dan mereka butuh gaji tersebut" katanya.

Ini kan menimpa semua karyawan yang ada di bawah Titan Group, lanjut Mardan, untuk skala nasional ada belasan ribu, dan skala provinsi ini sekitar 6000 karyawan.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Mandiri Muara Enim, Willy  mengatakan, hari ini pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih mengenai hal ini, karena bank Mandiri ini memiliki Public Relation (PR) sendiri.

Jadi permasalahan ini, Lanjut Willy belum bisa diterangkan penyelesaiannya seperti apa, nanti akan diinformasikan kembali. "Karena sejauh ini kami masih melakukan koordinasi dengan pusat, dan mengenai infonya nanti akan ada PR yang akan menjelaskan" pungkasnya.