Rancang Pembangunan Palembang 2023, Musrenbang RKPD Digelar

Ist/Rmolsumsel.id
Ist/Rmolsumsel.id

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Palembang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Palembang tahun 2023.


Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang, Harrey Hadi menyampaikan bahwa musrenbang tersebut merupakan agenda tahunan dalam menyusun rencana pembangunan yang akan dilakukan di Kota Pempek tahun 2023.

“Musrenbang ini sebagai forum pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan dalam jangka waktu satu tahun,” katanya, Senin (14/3).

Adapun tujuan digelarnya Musrenbang RKPD Palembang Tahun 2023 di Hotel Santika Premiere Bandara Palembang tersebut, untuk membahas rancangan RKPD kota Palembang tahun 2023.

Rancangan RKPD yang dimaksud dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, dan program, kegiatan, pagu indikatif, indikator, serta target kinerja.

Kemudian dalam Musrenbang itu juga membahas penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan proritas pembangunan Sumsel. Lalu klasifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Kota Palembang dengan program dan kegiatan yang diusulkan oleh kecamatan di Kota Palembang.

Dengan mengusung tema ‘Konsolidasi Capaian Pembangunan Kota Palembang yang Paripurna melalui Akselerasi Kapasitas dan Kinerja Seluruh Sektor Pembangunan’, Musrenbang kali ini menjadi musyawarah terakhir kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Palembang periode 2018-2023.

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda Sumsel, Ekowati Retnanigsih menyampaikan bahwa musrenbang merupakan kegiatan berjenjang mulai dari level desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga musrenbang nasional.

Oleh sebab itu, dirinya menyampaikan agar pada pembahasan kali ini, pembangunan yang ada di Kota Palembang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut guna menjawab harapan masyarakat serta memberikan kenyamanan kepada masyarakat Kota Palembang.

 “Disinilah kita merancang perencanaan pembangunan untuk masyarakat di Kota Palembang, semoga bisa sesuai dengan harapan masyarakat kota Palembang terkait permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat saat ini dan mengantisipasi permasalahan yang akan timbul di masa yang akan datang. Serta tentunya dapat menangkap peluang-peluang yang ada di masa sekarang dan masa yang akan datang,” pungkasnya.