Punya Darah Keturunan Muara Enim, Herman Deru Yakin Kurniawan Cepat Beradaptasi 

Gubernur Sumsel Herman Deru resmi menunjuk Kepala Badan Kesbangpol Sumsel, Kurniawan sebagai Pelaksana Harian (PLH) Bupati Muara Enim/Foto:ist
Gubernur Sumsel Herman Deru resmi menunjuk Kepala Badan Kesbangpol Sumsel, Kurniawan sebagai Pelaksana Harian (PLH) Bupati Muara Enim/Foto:ist

Kepala Badan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Sumsel, Kurniawan kini resmi menjabat Pelaksana Harian (Plh)  Bupati Muara Enim, Kamis (12/5).


Penyerahan SK Plh Bupati Muara Enim langsung dilakukan oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru di Griya Agung Palembang. 

Herman Deru mengatakan penunjukkan Kurniawan ini sudah sesuai syarat administrasi dan dia meyakini jika Plh Bupati baru ini bisa beradaptasi dengan keadaan disana. 

"Saya yakin Kurniawan bisa beradaptasi. Apalagi, punya darah keturunan Kabupaten Muara Enim," katanya. 

Menurutnya, kabupaten ini harus ditangani dengan tangan dingin mengingat daerah ini terdiri dari berbagai zona, karakter hingga budaya.

Dia menilai rekam jejak Kurniawan ini cukup baik, mulai dari  Lurah, Sekcam, Camat, hingga beberapa kali menjabat sebagai kepala Dinas di Kota Palembang dan Provinsi Sumsel, serta pernah menjabat Sekda Kota Palembang. Dengan rekam jejak tersebut, tentunya ini menjadi pengalaman guna bekal menjadi pemimpin. 

"Jangan menjadi pemimpin yang arogan, dan jangan merasa diri hebat," ujarnya. 

Ketua DPW NasDem Sumsel ini juga mengingatkan Plh yang dipilih ini untuk tidak menjadi pejabat politik. Jika menjadikan Plh sebagai tempat berpolitik maka itu dapat merusak kedemokrasian. 

Karena, Plh ini merupakan sebuah jabatan karir bukan untuk tebar pesona.  "Saya harap kedepan Muara Enim menjadi daerah yang kondusif," pungkasnya. 

Sementara itu, Plh Bupati Muara Enim, Kurniawan mengatakan dalam waktu dekat dia akan langsung turun ke Muara Enim untuk melakukan konsolidasi sesuai arahan dari Gubernur Sumsel. 

"Plh ini merupakan perpanjangan tangan dari Pemprov Sumsel,"  katanya. 

Selain itu, dia memastikan agar roda pelayanan di Muara Enim tetap berjalan. Meski demikian, untuk mewujudkan kondusifitas ini perlu kerja tim bukan hanya perorangan. 

Dia juga mengaku sebagai Plh tentunya tidak boleh berpolitik karena jabatan karir. Namun, tentunya dapat membina politik. "Untuk pejabat yang baru dilantik, kami akan sesuaikan persepsinya apa saja yang telah dilakukan sehingga dapat dilanjutkan,"  pungkasnya.