Pulangkan 8 Pemain, Ini 22 Pemain Tim U19 yang Dibawa ke Toulon Cup 2022

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan motivasi kepada tim U19 Indonesia yang akan mengikuti Toulon Cup 2022 di Perancis. (PSSI/rmolsumsel.id)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan motivasi kepada tim U19 Indonesia yang akan mengikuti Toulon Cup 2022 di Perancis. (PSSI/rmolsumsel.id)

Persiapan tim U19 Indonesia menghadapi Toulon Cup di Perancis sudah memasuki tahap final. Sebanyak 22 pemain sudah dikantongi duet pelatih Dzenan Radoncic dan Bima Sakti dari hasil pemusatan latihan dan uji coba di Jakarta.


Pemusatan latihan telah dijalani pemain di Stadion Madya Senayan sejak 16 Mei 2022. Tim juga sudah melakukan dua kali uji coba menghadapi tim Liga 1 yaitu Persikabo (1-3) dan Persita Tangerang (1-1). Dari penilaian hingga hari ini, ada 8 pemain yang dipulangkan.  

Dzenan Radoncic mengaku sangat puas dengan perkembangan tim U19 saat ini, baik secara taktikal, passing, kerja sama, dan kekompakan tim.

“Mereka dalam kondisi yang sangat bagus. Karena saat saya instruksinya mereka untuk press high mereka melakukannya. Saya kira mereka dalam kondisi yang sangat bagus, bahkan ada yang bermain sepanjang laga. Walau saya memberikan kesempatan semua pemain untuk main. Kami bekerja dengan baik,” ujar Radon, Kamis (26/5).

Juru taktik asal Montenegro itu merasa tim U19 Indonesia sedang berproses menuju ke arah yang sesuai harapannya.

“Kita akan menuju ke sana (tim yang sesuai harapan saya). Mereka tahu apa yang saya inginkan, saya tahu apa yang saya mau, saya tahu kita nanti akan berhadapan dengan siapa (di Toulon Cup). Kita akan bermain melawan tim kuat di sana, tim dengan pemain yang memiliki postur tubuh yang tinggi, tim dengan permainan yang cepat, tim dengan teknik yang baik, saya yakin dan janjikan bahwa tim ini bisa bermain dengan performa yang bagus, dan kita akan bermain dengan baik di Toulon Cup,” katanya.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, dari laporan perkembangan tim yang didapatnya dari para pelatih, tim ini terus berproses ke arah lebih baik.

“Saya yakin mereka terus berkembang dan mengalami peningkatan permainan. Selamat bertanding di Toulon Cup, anak-anakku. Berikan yang terbaik untuk bangsa ini,” kata Iriawan.

Toulon Cup 2022 rencananya akan berlangsung pada tanggal 29 Mei hingga 12 Juni 2022 mendatang. Pada turnamen tersebut, Indonesia berada di Grup B bersama Meksiko, Ghana, dan Venezuela. Turnamen ini digelar untuk kategori level usia U17 hingga U23.

Selain untuk Toulon Cup, tim U19 Indonesia ini juga dipersiapkan PSSI jelang menghadapi laga-laga di Piala Dunia U20 2023 mendatang. Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

22 Pemain Tim U19 Indonesia di Toulon Cup 2022

  1. Arkhan Fikri
  2. Ahmad Rusadi
  3. Alfriyanto Nico Saputro
  4. Cahya Supriadi
  5. Dimas Juliono Pamungkas
  6. Edgard Amping
  7. Erlangga Setyo Dwi Saputra
  8. Ferdiansyah Cecep Surya
  9. Hokky Caraka Bintang Brilliant
  10. Kadek Arel Priyatna
  11. Kakang Rudianto
  12. Marcell Januar Putra
  13. Ricky Pratama
  14. Ronaldo Joybera R Junior Kwateh
  15. Muhammad Rafli Asrul
  16. Mikael Alfredo Tata
  17. Raka Cahyana Rizky
  18. Razzaa Fachrezi Aziz
  19. Frezy Al Hudaifi
  20. Subhan Fajri
  21. Syukran Arabia Samual
  22. Muhammad Ferrari.