Produk UMKM Lubuklinggau Bisa Masuk Pasar Modern, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Sekda Lubuklinggau Rahman Sani menandatangani kesepakatan pemasaran produk UMKM di pasar modern. (Dinas Kominfo Lubuklinggau/rmolsumsel.id)
Sekda Lubuklinggau Rahman Sani menandatangani kesepakatan pemasaran produk UMKM di pasar modern. (Dinas Kominfo Lubuklinggau/rmolsumsel.id)

Gerai pasar modern di Kota Lubuklinggau berkomitmen untuk memasarkan produk UMKM setempat. Namun agar produk mereka mejeng di etalase pasar modern tersebut, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.


Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Lubuklinggau, Hendra Gunawan mengatakan, dari hasil komunikasi intensif yang dilakukan, pihak pasar modern telah menyepakati bisa memfasilitasi pemasaran produk UMKM.

“Jadi produk-produk UMKM untuk memasarkannya, mereka tidak perlu lagi menyewa toko, tidak perlu bayar pegawai, jadi produk mereka bisa dipasarkan di pasar modern. Inilah tugas kami bersama Disdagrin serta Dinas Koperasi dan UMKM,” ujar Hendra pada sosialisasi kemitraan usaha di Smart Hotel Lubuklinggau, Rabu (22/9).

Meski demikian, lanjut Hendra, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh pelaku UMKM agar produknya bisa dipasarkan di pasar modern, di antaranya izin edar.

“Jadi membuat izin edar harus ada surat dari Dinas Ketahanan Pangan dan Dinkes. Oktober ini, target kami ada 150 sampai 200 UMKM bisa menembus pasar modern,” kata Hendra.

Sekda Kota Lubuklinggau, Rahman Sani menyampaikan, sosialisasi ini sebagai upaya melakukan pembinaan, baik secara administrasi maupun pembinaan bagaimana suatu produk bisa dipasarkan dengan baik.

“Harapannya dengan berbagai langkah yang diambil ini UMKM bersama Pemkot Lubuklinggau dapat meningkatkan perekonomian di daerah ini,” tuturnya.