Polres Lahat Siap Kawal Penghitungan Suara Ulang di Kecamatan Tanjung Tebat

Suasana rapat koordinasi yang digelar dikantor KPU Kabupaten Lahat pada Selasa (18/6), terkait persiapan pelaksanaan putusan Mahkamah Konstitusi tentang penghitungan suara ulang/Foto:Humas Polda Sumsel
Suasana rapat koordinasi yang digelar dikantor KPU Kabupaten Lahat pada Selasa (18/6), terkait persiapan pelaksanaan putusan Mahkamah Konstitusi tentang penghitungan suara ulang/Foto:Humas Polda Sumsel

Menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait penghitungan suara ulang di enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) Dapil Lahat 4, Kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat.


Kapolres Lahat, AKBP God Parlasro S. Sinaga, SH, SIK, MH, menyatakan kesiapan pihaknya untuk mengawal dan menjamin keamanan pelaksanaan penghitungan ulang tersebut. Tanggung jawab keamanan berada di pundak kepolisian yang didukung oleh TNI dan stakeholder lainnya.

Hal ini disampaikan Kapolres Lahat dalam rapat koordinasi yang digelar di kantor KPU Kabupaten Lahat pada Selasa (18/6). Rapat tersebut membahas persiapan pelaksanaan putusan MK tentang penghitungan suara ulang di enam TPS di Dapil Lahat 4 hasil Pemilu 2024 oleh KPU Lahat.

“Polres Lahat sebagai penanggung jawab keamanan siap menjaga dan mengawal pelaksanaan penghitungan ulang besok, dibantu oleh unsur TNI dan pemerintah Kabupaten Lahat. Saya menghimbau kepada KPU Lahat agar penghitungan suara ulang dilaksanakan secara profesional dan transparan. Begitu juga pihak Bawaslu Lahat agar melaksanakan tugas pengawasan secara profesional,” ujar Kapolres.

Kapolres juga meminta dan mengingatkan pihak terkait, termasuk partai politik peserta Pemilu 2024, untuk mengikuti pelaksanaan penghitungan suara ulang oleh KPU Lahat dengan menghadirkan saksi yang mengetahui aturan dan tidak melakukan pengerahan massa yang dapat menimbulkan masalah baru.

“Polres Lahat akan bertindak tegas terhadap kelompok yang mencoba mengganggu pelaksanaan penghitungan ulang surat suara di KPU Lahat. Saya mengajak seluruh pihak terkait dan elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas Kabupaten Lahat,” imbuhnya, didampingi Kasat Intelkam Iptu Achmad Faisal Junaidi, STrK.

Kapolres menegaskan bahwa pihaknya telah menugaskan personel di gudang KPU Lahat untuk melakukan penjagaan dan pengawalan kotak suara yang akan dibuka dan dihitung ulang.

Ketua KPU Lahat, Sarjani, menyampaikan bahwa hasil keputusan rapat menetapkan pelaksanaan penghitungan suara ulang akan dilakukan pada hari Rabu, 19 Juni 2024, di kantor KPU Lahat.

“Hari ini kami melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka sosialisasi pelaksanaan putusan MK dalam perkara nomor 275/PHPU tentang penghitungan suara ulang di enam TPS Kecamatan Tanjung Tebat. Kita sudah putuskan bersama bahwa kegiatan penghitungan suara ulang akan dilaksanakan Rabu, 19 Juni 2024, dengan jaminan keamanan yang diberikan oleh Pak Kapolres,” tuturnya.