Peserta PPPK Diprediksi Membludak, Sekda Palembang Ingatkan Hal ini

Sekda Palembang Ratu Dewa. (Ist/Bakohumas Palembang)
Sekda Palembang Ratu Dewa. (Ist/Bakohumas Palembang)

Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) di Kota Palembang tahun ini diprediksi membludak. Hal ini dikarenakan formasi yang dibutuhkan lebih banyak serta hak dan kewajiban yang diterima akan sama dengan Aparatur Sipil Negara (ASN).


"Saya yakin pesertanya juga akan membludak karena hak dan kewajibannya sama. Bahkan, termasuk uang pensiun dan lain sebagainya,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Rabu (30/1).

Dia mengatakan, pihaknya telah mengumumkan formasi yang dibutuhkan, baik Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) maupun CPNS untuk lingkup Pemkot Palembang. Sehingga, calon peserta sudah dapat mendaftar.

"Saat ini yang dibutuhkan kebanyakan guru, tenaga fungsional guru, tenaga fungsional tenaga ksesehatan," katanya.

Dewa mengingatkan, agar para peserta terus fokus. Karena, penerimaan ini menggunakan sistem gugur dan Computer Assisted Test (CAT). Selain itu, terus mengikuti dan mempelajari soal-soal ditahun sebelumnya.

Untuk lokasi pelaksanaan tes, dia mengaku tergantung dari formasi yang diberikan BKN pusat. Nantinya, akan diberitahukan secara detail mulai dari jumlah pendaftar hingga pelaksanaan tesnya.

Disinggung soal penggajian PPPK, Dewa menyatakan belum mengetahui sistem terbaru apakah nantinya masuk ke dalam APBN ataukah APBD. Namun, dia menegaskan hak dan kewajiban yang diterima PPPK ini akan tetap sama dengan CPNS.

"Sampai saat ini kami masih menunggu regulasi baru terkait penggajian dari PPPK ini," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah merilis pengumuman formasi CPNS dan PPPK 2021. Adapun informasi dan berkas pengumuman untuk Kota Palembang dapat diunduh di situs https://www.sscn.bkn.go.id/ dan http://bkpsdm.palembang.go.id/.