Penerbangan Palembang-Malaysia Akan Kembali di Buka

Ketua ASITA Sumsel , Anthon Wahyudi didampingi Konsul Muda Pelancongan/Deputy Director Tourism Malaysia Medan, Yusnita Yusof di acara Sriwijaya Travel Fair (STF) 2022 di Atrium Palembang Trade Center , Jumat (5/8)  (Dudy Oskandar/rmolsumsel.id)
Ketua ASITA Sumsel , Anthon Wahyudi didampingi Konsul Muda Pelancongan/Deputy Director Tourism Malaysia Medan, Yusnita Yusof di acara Sriwijaya Travel Fair (STF) 2022 di Atrium Palembang Trade Center , Jumat (5/8) (Dudy Oskandar/rmolsumsel.id)

Penerbangan langsung dari Palembang ke Malaysia akan kembali dibuka, dengan dibukanya penerbangan ini, membuat Sumatera Selatan (Sumsel) akan mudah dikunjungi baik oleh pelancong, pebisnis dan lainnya.


Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Sumsel Anthon Wahyudi mengatakan, dengan akan dibukanya penerbangan Palembang ke Malaysia ini akan sangat menguntungkan pariwisata Sumsel.

Anthon pun mengaku sudah melaporkannya ke Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel tentang hal ini.

"Kita juga sudah melaporkan ke Pak Wagub Sumsel, tentunya dengan dibukanya jalur penerbangan Palembang-Malaysia tentunya akan diikuti dengan perbaikan fasilitas pariwisata, keamanan dan transportasi yang baik di Palembang," katanya didampingi Konsul Muda Pelancongan/Deputy Director Tourism Malaysia Medan, Yusnita Yusof, Jumat (5/8/2022).

Apalagi, sambungnya, saat ini di Palembang tengah  berlangsung Sriwijaya Travel Fair (STF) tahun 2022 di Atrium Palembang Trade Centre.

Kegiatan ini, kata Anthon, menjadi kegiatan promosi perdana yang diikuti oleh Tourism Malaysia Medan di tahun 2022, setelah berbagai tahapan relaksasi atau kelonggaran prosedur masuk ke Malaysia bagi wisatawan mancanegara. 

"Selain itu penyertaan Tourism Malaysia Medan pada STF ini bukanlah yang pertama kalinya, sebelum Covid-19 melanda dunia, Tourism Malaysia telah beberapa kali mengikuti pameran wisata terbesar di kota Palembang ini, sebagai bukti komitmen Tourism Malaysia Medan dalam mendukung kegiatan-kegiatan pariwisata kedua negara," ungkapnya.

Sementara itu, Konsul Muda Pelancongan/Deputy Director Tourism Malaysia Medan, Yusnita Yusof mengatakan,  penyertaan Tourism Malaysia dalam STF 2022 ini sebagai peluang untuk bertemu dengan stakeholders industri pelancongan di Sumsel serta masyarakat Palembang secara langsung.

Dengan keikutsertaan ini, sambungnya, pihaknya akan memberikan informasi yang akurat dan terkini mengenai prosedur masuk ke Malaysia dan juga menawarkan destinasi-destinasi menarik Malaysia yang dipromosikan bersama ASITA Palembang. 

Hal ini menurutnya dapat memberikan kontribusi terhadap jumlah wisatawan mancanegara berlibur di Malaysia, terutama bagi warga Palembang dan Sumsel. 

"Pada STF 2022 ini Tourism Malaysia menawarkan paket wisata yang dipromosikan oleh beberapa travel di Palembang, di antaranya 3 hari 2 malam Kuala Lumpur-Genting Highland, 4 hari 3 malam Batam-Johor-Kuala Lumpur, dan 5 hari 4 malam Johor Bahru-Kuala Lumpur," katanya.

Seperti diketahui, Sriwijaya Travel Fair (STF) 2022 sendiri merupakan event yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Kebudayaan dan pariwisata Provinsi Sumsel yang bekerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) dan Asosiasi Perusahaan Penyelenggara Pameran dan Konvensi Indonesia (ASPERAPI). 

STF 2022 ini diadakan di Atrium Palembang Trade Centre, Palembang,  pada 5-7 Agustus 2022. 

Pameran wisata ini diikuti oleh sejumlah Badan promosi, Dinas Pariwisata, Hotel, Resort, Kuliner, Travel Agent, Jasa Transportasi dan pemain industri pariwisata lainnya dari seluruh Indonesia.