Pendaftaran Calon PPS Secara Online di Kabupaten OKU Terkendala Sinyal

Ketua KPU OKU, Naning Wijaya/ist
Ketua KPU OKU, Naning Wijaya/ist

Komisi Pemilihan Umum (KPU)  telah membuka pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024, sejak Minggu (18/12), hingga 27 Desember 2022.


Rekrutmen PPS ini digelar secara daring, dan para calon pendaftar dapat mengikutinya melalui situs Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) pada tautan https://siakba.kpu.go.id.

Namun di Kabupaten OKU, sistem ini masih dikeluhkan calon pendaftar terutama di daerah jauh dari perkotaan yang mengalami blank spot atau kondisi dimana suatu tempat tidak tersentuh sinyal komunikasi. Dampaknya situs ini susah untuk di akses.

Hal ini, misalnya dirasakan, Taufik pendaftar dari Kecamatan Lengkiti. “Kendalanya sinyal. Di daerah kami masih susah sinyal jadi agak sulit daftar,” katanya.

Ketua KPU OKU, Naning Wijaya menyadari hal ini. Ia mengakui masih ada daerah di OKU mengalami blank spot.

Menyikapi hal ini KPU OKU menyiapkan help desk siakba yang siap membantu pendaftar pps yang  mengalami kesulitan untuk mengakses atau pun memahami situs siakba. “Bagi pendaftar yang kesulitan mendaftar silakan datang ke KPU. Petugas kita siap membantu,” katanya.

Naning menceritakan, minat masyarakat mendaftar PPS cukup tinggi dan sistem seleksi nantinya akan dilakukan dua tahap. Yakni tertulis dan wawancara. Kebutuhan PPS sebanyak 471 untuk ditempatkan di 157 desa dan kelurahan se Kabupaten OKU.