Pelamar Serbu Bawaslu PALI Daftar Calon PKD

Sejumlah pelamar PKD mendaftar di Sekretariat Bawaslu PALI. (ist/rmolsumsel.id)
Sejumlah pelamar PKD mendaftar di Sekretariat Bawaslu PALI. (ist/rmolsumsel.id)

Pendaftaran penjaringan bakal calon Panwaslu Desa/Kelurahan (PKD) oleh Bawaslu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mendapat antusiasme tinggi. Sejak pengumuman pembukaan pendaftaran pada Sabtu lalu, para pelamar menyerbu sekretariat Bawaslu, Senin (20/5).


Ketua Bawaslu PALI, Lestrianti, melalui Korsek Adi Kurniawan mengungkapkan bahwa hari ini merupakan hari ketiga dari masa pendaftaran. Pengumuman penerimaan berkas pendaftaran dimulai pada 18 Mei 2024 dan akan ditutup pada Selasa, 21 Mei 2024 pukul 23.59 WIB.

"Pendaftaran sudah sejak tanggal 18 Mei kemarin, dan pada tanggal 21 Mei 2024 berakhir sampai pukul 23.59 WIB," ujar Adi Kurniawan.

Adi menambahkan, apabila jumlah pelamar tidak memenuhi kuota yang ditetapkan, pendaftaran akan diperpanjang hingga 22 Mei 2024. Namun, melihat antusiasme yang tinggi dari pelamar, Adi optimis perpanjangan pendaftaran tidak akan diperlukan.

"Bisa diperpanjang kalau belum terpenuhi. Namun kalau melihat antusias pelamar, kami yakin perpanjangan pendaftaran tidak terjadi," imbuhnya.

Proses penjaringan calon PKD, menurut Adi, akan dilakukan secara transparan dan sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan. Tahapan ini dimulai dengan sosialisasi yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

"Saat ini penerimaan berkas pendaftaran dan verifikasi. Kemudian dilanjutkan perpanjangan pendaftaran kalau tidak terpenuhi, lalu pengumuman hasil verifikasi berkas, lalu tes wawancara, kemudian barulah pengumuman calon terpilih menjadi PKD yang sebelumnya ada tanggapan dari masyarakat," jelasnya.

Adi juga menyatakan bahwa dalam penerimaan calon PKD, setiap desa akan ditempatkan satu PKD yang akan bertugas di desa masing-masing selama tahapan Pilkada.

"Mereka akan bekerja di masing-masing desanya. Masa kerja PKD selama tahapan Pilkada," pungkasnya.