Muratara Siapkan Desa Sumber Makmur Ikuti Lomba Desa di Tingkat Provinsi

Rapat persiapan mengikuti lomba desa di tingkat provinsi/ist
Rapat persiapan mengikuti lomba desa di tingkat provinsi/ist

Pemerintah Kabupaten Muratara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Muratara tengah mempersiapkan Desa Sumber Makmur untuk mengikuti lomba Desa tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).


Persiapan ini dilakukan melalui rapat koordinasi yang melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Muratara.

Plt Kepala DPMDP3A Muratara, Suhardiman, melalui Kabid Pemdes, Supriono, menjelaskan bahwa rapat persiapan ini melibatkan OPD seperti PUPR, Bappeda, Dispertanikan, Asisten I, DLHP, Dinkes, Disdik, Diperindakop, Disbudpar, Kominfo, Satpol PP, Kemenag, Camat Nibung, PKK, dan Kepala Desa Sumber Makmur.

"Ya, hari ini kami melakukan rapat persiapan untuk mengikuti lomba Desa tingkat Provinsi," ungkap Supriono pada Selasa (29/5).

Desa Sumber Makmur dari Kecamatan Nibung dipilih untuk mewakili Kabupaten Muratara dalam lomba tersebut. Supriono yakin bahwa Desa Sumber Makmur memiliki potensi besar untuk memenangkan kompetisi di tingkat Provinsi berkat berbagai inovasi unggul yang dimiliki, seperti budidaya ternak dan pengelolaan sampah.

"Persiapan kami sudah mencapai 93 persen. Kami menargetkan Muratara bisa meraih juara I tahun ini, melebihi prestasi tahun sebelumnya di mana kami berhasil meraih juara II," katanya optimis.

Supriono menekankan pentingnya dukungan dari seluruh OPD dan stakeholder terkait untuk memberikan pembinaan dan pendampingan yang intensif kepada Desa Sumber Makmur.

"Kami mengharapkan dukungan dari seluruh instansi terkait dalam mempersiapkan Desa Sumber Makmur untuk mengikuti lomba Desa tingkat Provinsi," ujarnya.

Selain inovasi unggul, Supriono juga menyoroti antusiasme masyarakat Desa Sumber Makmur dalam mendukung desa mereka mengikuti lomba. Dukungan ini dianggap sebagai salah satu faktor penting untuk mencapai kesuksesan dalam kompetisi.

"Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari masyarakat, kami yakin Desa Sumber Makmur dapat meraih hasil terbaik," pungkasnya.