Munculkan Bacapres Sejak Dini, Nasdem Berikan Pendidikan Politik ke Masyarakat

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh umumkan tiga nama bakal calon presiden yang akan diusung pada Pemilu Serentak 2024/Net
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh umumkan tiga nama bakal calon presiden yang akan diusung pada Pemilu Serentak 2024/Net

Tiga nama bakal calon presiden (bacapres) hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem dianggap sebagai upaya mendidik masyarakat untuk lebih melek memilih calon pemimpinnya.


Begitu pendapat Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rif'an saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (18/6).

"Ini hal yang positif karena memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dan termasuk kepada para elit, karena bicara capres sudah seharusnya sejak dini," ujar Ali.

Terlepas dari tiga nama bacapres yang dihasilkan rakernas, lulusan magister politik Universitas Indonesia ini melihat langkah politik yang dilakukan Nasdem untuk politik 2024 sangat berarti untuk masyarakat dapat memilih pemimpin yang berkualitas.

"Jangan sampai kita nanti memilih kucing dalam karung. Jadi dengan sudah ada tiga nama, publik kemudian punya kesempatan untuk melakukan satu tracking terhadap rekam jejak mereka. Jadi punya kesempatan yang panjang," tandas Ali.

Adapun tiga nama bacapres hasil Rakernas Nasdem disampaikan langsung oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Jumat malam (17/6).

Paloh menyampaikan tiga nama tersebut, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebelum diputuskan menjadi tiga nama bacapres, Nasdem menyaring aspirasi dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi se-Indonesia, di mana terdapat 25 nama yang dipilih.

Namun dari 25 nama yang dipilih 34 DPW, Nasdem melalui steering commitee kembali menyaring menjadi beberapa nama, yang kemudian diputuskan oleh Paloh menjadi tiga nama.

Untuk perolehan suara tiga nama yang diputuskan sebagai bacapres, mayoritas anggota DPW Nasdem memberikan 32 suara kepada Anies Baswedan, 29 suara kepada Ganjar Pranowo, dan 14 suara kepada Andika Perkasa.