Mudah Dilakukan, Berikut Tiga Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Net/rmolsumsel.id
Net/rmolsumsel.id

Memiliki berat badan yang ringan serta bentuk tubuh yang ramping merupakan impian bagi semua orang, terutama para kaum Hawa. Tak heran berbagai diet ketat rela dilakukan para kaum Hawa demi mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan.


Akan tetapi, selain diet ketat yang memiliki banyak risiko bagi kesehatan, terdapat berbagai diet alami yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengutip laman Alodokter.com, diet alami sedikit berbeda dengan diet ketat yang biasa dilakukan. Diet alami tetap memperbolehkan untuk mengonsumsi sejumlah makanan. Namun, makanan yag dimaksud tersebut merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral, protein, dan serta yang dibutuhkan oleh tubuh.

1. Memenuhi Kebutuhan Kalori Harian

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori harian yang berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, serta kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Bagi wanita usia 19-30 tahun yang tidak aktif bergerak membutuhkan setidaknya 2.000 kalori, sedangkan wanita yang cukup aktif bergerak membutuhkan 2.000-2.2000 kalori setiap harinya. Kemudian bagi pria dengan usia 19-30 tahun yang tidak aktif bergerak membutuhkan sekitar 2.600 kalori dan 2.600-2.800 bagi pria yang aktif bergerak.

Untuk mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan, sangat disarankan untuk tidak melebihi kebutuhan kalori harian apabila ingin menurutkan berat badan secara alami.

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah makanan dengan kandungan nutrisi terdiri dari protein tinggi, vitamin dan mineral, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat.

2. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cairan pada tubuh sangat penting agar dapat menjalankan fungsi tubuh dengan baik. Oleh sebab itu, tidak hanya memenuhi kebutuhan kalori, diet alami juga menyarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa, mengonsumsi banyak air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar. Efek kenyang yang diberikan oleh air itula yang menjadikan hal ini sebagai diet alami. Sehingga dapat mencegah tubuh untuk mengonsumsi makanan secara berlebih.

Makanya, dianjurkan untuk minum segelas air putih setidaknya setengah jam sebelum makan serta mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari.

3. Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-buahan

Ketika menjalani diet, tubuh harus tetap dipenuhi oleh kebutuhan vitamin dan mineral yang cukup. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur atau buah-buahan untuk memenuhi kandungan nutrisi tersebut.

Sayur dan buah-buahan tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, namun juga mengandung serat dan air yang melimpah. Kandungan itulah yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sayur dan buah-buahan juga mengandung kalori yang rendah.