Mencari Penyebab Ambruknya Bangunan 3 Lantai di Sekolah Ulil Albab Palembang

Petugas memasang garis polisi di lokasi ambruknya gedung sekolah tiga lantai di  Sekolah Islam Terpadu Ulil Albab Palembang. (Ist/RmolSumsel)
Petugas memasang garis polisi di lokasi ambruknya gedung sekolah tiga lantai di Sekolah Islam Terpadu Ulil Albab Palembang. (Ist/RmolSumsel)

Warga di Kecamatan Sematang Borang, Kecamatan Sako, Palembang, Sumatera Selatan, dihebohkan dengan ambruknya gedung tiga lantai di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ulil Albab, Jumat (1/7/2022).


Akibat kejadian itu, seorang pekerja bangunan tewas. Korban bernama Agus Nuslan (42) warga Desa Tanjung Batu timur, Kabupaten Ogan Ilir, ia tewas tetimpa reruntuhan bangunan.

Bukan itu saja, dalam kejadian itu juga terdapat satu orang yang mengalami luka yakni Reva (15).

Usai kejadian itu, polisi masih mencari penyebab ambruknya gedung bagunan tersebut.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhammad Ngajib mengatakan, untuk mencari penyebab ambruknya gedung sekolah itu pihaknya mengandeng Lab Forensik.

Hal itu, sambungnya, untuk menentukan titik mulainya bangunan roboh.   

"Proses penyelidikan kami lakukan secara menyeluruh," kata Ngajib. 

Kata Ngajib, penyelidikan secara menyeluruh itu akan dimulai dari melakukan pemeriksaan Closed Circuit Television (CCTV). 

Bukan itu saja, sambung Ngajib, pihaknya juga akan meminta keterangan sejumlah saksi, mulaidari pekerja hingga pihak sekolah.

"Kita harus mengetahui bagaimana proses awal bangunan sekolah ini, karena infonya bangunan ini sudah mulai dibangun sejak tahun 2019 lalu, sekarang sedang dilanjutkan," jelasnya.

Kata Ngajib, penyelidikan yang dilakukan pihaknya ini untuk mengetahui apakah ada kelalaian atau tidak dalam proses pelaksanaan pembangunan.

"Jika ada unsur kelalaian kita telaah dulu di mana letak mula kesalahannya. Nanti itu akan diketahui setelah penyelidikan telah selesai dilakukan," pungkasnya.