Masa Kerja Bawaslu Kabupaten/Kota di Sumsel Berakhir, Bawaslu Provinsi Segera Ambil Alih

Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel, Kurniawan/ist
Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel, Kurniawan/ist

Masa kerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di kabupaten dan kota di Sumatera Selatan (Sumsel) telah berakhir pada tanggal 14 Agustus 2023.


Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel, Kurniawan, mengungkapkan bahwa meskipun masa kerja mereka berakhir, Bawaslu Provinsi akan mengambil alih semua pekerjaan yang berhubungan dengan kebijakan.

"Meskipun kami masih menunggu pengumuman komisioner untuk 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan," katanya.

Ia menegaskan bahwa sampai saat ini, Bawaslu RI belum mengirimkan pengumuman resmi terkait hal tersebut.

Waktu pengumuman mengenai nama-nama komisioner Bawaslu untuk kabupaten dan kota di Sumsel sudah ditentukan oleh tim seleksi, tetapi keputusan akhir tetap menjadi hak prerogatif Bawaslu RI.

Dalam rentang waktu antara 14 Agustus 2023 hingga 20 Agustus 2023, Bawaslu Provinsi Sumsel akan bertanggung jawab atas semua pekerjaan yang terkait dengan kebijakan Bawaslu kabupaten dan kota. 

Namun, koordinasi dengan sekretariat Bawaslu kabupaten dan kota tetap akan dilakukan. Setiap kabupaten dan kota memiliki sekretariat sendiri yang akan mendukung kelancaran tugas-tugas mereka. 

"Sambil tetap berkoordinasi dengan sekretariat Bawaslu.Bawaslu kabupaten dan kota memiliki sekretariat masing-masing, yang akan mendukung kelancaran tugas-tugas mereka,” katanya.

Bawaslu Provinsi memiliki keyakinan bahwa mereka mampu menangani semua tugas yang berkaitan dengan 17 kota dan kabupaten di wilayah Sumsel. Kurniawan juga mengindikasikan bahwa waktu yang mungkin diperlukan untuk pengumuman adalah 6 hari.

"Kami berharap pengumuman segera dilakukan agar Bawaslu kabupaten dan kota dapat beroperasi dengan efisien," pungkasnya.