Madrasah dan Pesantren Bakal Dapat Alokasi Anggaran APBD 2023.

Ilustrasi madrasah. (Istimewa/net)
Ilustrasi madrasah. (Istimewa/net)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro memastikan pendidikan agama dan keagamaan bakal mendapatkan alokasi anggaran APBD 2023. Diantaranya yakni Madrasah dan Pesantren.


"Layanan pendidikan umum dengan ciri khas keagamaan seperti madrasah, serta pendidikan agama dan keagaman merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional. Karena itu, Pemda juga berkewajiban untuk memperhatikan kebutuhan anggarannya," katanya dikutip dari keterangan resminya, Rabu (17/8).

Saat ini, pihaknya tengah menyusun Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2023. Peraturan ini akan menjadi petunjuk dan arah bagi Pemerintahan Daerah dalam penyusunan, pembahasan, dan penetapan APBD di tahun anggaran 2023.

Dia menegaskan, ada enam bidang layanan dasar yang harus dipenuhi pemerintah daerah dalam APBD. Diantaranya yakni pendidikan. Menurutnya, pendidikan agama dan keagamaan merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. 

“Draft Permendagri untuk tahun anggaran 2023 akan mengatur lebih jelas dan tegas agar alokasi APBD dapat diberikan untuk madrasah, pesantren, pendidikan agama dan keagamaan lainnya yang berada di bawah Kementerian Agama,” ungkapnya.