Mabuk Durian? Ini 7 Tips Mengatasinya

(Ist/rmolsumsel.id)
(Ist/rmolsumsel.id)

Diawal tahun 2022, beberapa daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) disambut dengan musim buah durian, diantaranya di Kabupaten Muara Enim, Ogan Komering Ulu (OKU), PALI, dan lain-lain.


Rasanya yang manis, lembut, dan aroma yang sangat khas tersebut, membuat siapapun tidak bisa menolak untuk mencicipi buah dengan julukan the king of fruit ini.

Namun, meskipun dikategorikan sebagai buah-buahan yang sehat, buah dengan kulit berduri ini sangat tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebih. Mabuk durian namanya, istilah keracunan makanan akibat mengkonsumsi buah durian dalam jumlah berlebih.

Mabuk durian memiliki beberapa tanda seperti perut tidak nyaman, buang gas terus-menerus, muntah, diare, ataupun alergi pada beberapa orang.

Bagi ibu hamil dan menyusui serta dengan kondisi diabetes, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi buah durian. Hal ini karena kandungan gas yang dapat mempengaruhi kandungan, produksi air susu, bahkan kesehatan pengidap diabetes.

Lantas bagaimana cara mengatasi mabuk durian bagi seseorang dengan kondisi kesehatan yang normal, simak berikut tipsnya;

1. Beberapa orang mempercayai cara tradisional, dengan mengonsumsi air yang dituangkan ke dalam kuliat durian. Hal itu dipercaya bisa meredakan gejala mabuk dan mengurangi sensasi mual pada perut.

2. Mengonsumsi buah manggis. Buah dengan warna putih itu dipercaya dapat mengurangi gejala mabuk durian yang sangat tidak mengenakan.

3. Mengonsumsi air hangat yang ditambah sesendok garam juga sangat dipercaya bisa menghilangkan rasa mabuk akibat mengonsumsi durian.

4. Meminum susu dipercaya juga bisa jadi salah satu pilihan untuk menetralkan kandungan gas pada durian yang masuk kedalam tubuh.

5. Air kelapa dikenal dengan konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineralnya. Sehingga mengonsumsi air kelapa sangat baik untuk keadaan dehidrasi termasuk keracunan.

6. Kandungan kalium dan potasium juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kandungan kalium dan potasium bisa didapatkan pada air kelapa.

7. Mengonsumsi parasetamol juga dipercaya bisa meredakan mabuk akibat durian. Apalagi mabuk durian diiringi dengan sakit kepala.

Itulah beberapa tips yang bisa meredakan gejala keracunan atau mabuk durian. Sangat disarankan ketika mengonsumsi buah durian tidak dengan jumlah yang berlebihan.