Liga 3 Nasional Bergulir Januari, Sudah 11 Tim Memastikan Lolos

Pertandingan Liga 3 Zona Sumsel/ist
Pertandingan Liga 3 Zona Sumsel/ist

Putaran nasional atau babak 64 besar Liga 3 Indonesia tahun 2021 dipastikan bakal digelar pertengahan Januari tahun 2022 mendatang. 


Khusus Liga 3 2021, PSSI meniadakan putaran regional karena pandemi virus corona. Nantinya, klub juara dan kemungkinan runner up (belum diputuskan secara resmi) setiap Asprov yang menggelar kompetisi akan langsung masuk ke putaran nasional yang diikuti 64 klub.

"Untuk putaran nasional PSSI rencananya menggelar pertandingan pada pertengahan Januari tahun depan," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi, kemarin (12/12).

Selain itu, PSSI juga telah memutuskan akan ada delapan klub dari Liga 3 musim ini yang akan promosi ke Liga 2 tahun depan. 

Saat ini kompetisi Liga 3 di daerah sudah mulai diputar Asprov PSSI di seluruh zona. Bahkan ada beberapa tim yang sudah memastikan lolos ke putaran nasional, setelah kompetisi di zona tersebut rampung. 

Diantaranya, Persikota Tangerang yang diketahui menjuarai zona Banten. Kemudian, Gasko Kolaka (Sulawesi Tenggara), Persipal Palu (Sulawesi Tengah), Maluku FC (Maluku), Gabsis Samba (Kalimantan Barat), Jambi United (Jambi), Ad Sport FC (Lampung).

Selanjutnya, Persemar Martapura (Kalimantan Selatan), 757 Kepri (Kepulauan Riau), Belitong FC (Bangka Belitung) dan PS Sandeq (Sulawesi Barat).

Total 11 klub ini sudah pasti bermain di putaran nasional karena musim ini PSSI meniadakan babak pra nasional Liga 3 (regional/antar Asprov).

Sementara itu, beberapa Asprov PSSI masih menggelar Liga 3 2021, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera Selatan dan lainnya. Sementara itu, Ketua Komite Kompetisi Asprov PSSI Sumsel, Mathys Rugebregt mengatakan saat ini pihaknya sedang kebut kompetisi Liga 3 Zona Sumsel.

"Saat ini Liga sudah berjalan dan akan rampung pada 21 Desember nanti," jelasnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Kewoy ini mengatakan hanya, ada satu tim yang berhak mewakili Sumsel di putaran nasional. Hal ini mengacu lantaran kurangnya kompetitor Liga 3 zona Sumsel. Seperti diketahui, saat ini Liga 3 Sumsel sudah memasuki babak empat besar dari delapan peserta. 

"Untuk Zona Sumsel, hanya mendapat satu kuota yang berhak mewakili di putaran nasional. Karena, kurangnya peserta sehingga mempengaruhi standar kompetisi," pungkasnya.