Lebaran Bukan Hanya Takbiran dan Sholat Ied, Ini Amalan Sunah Idulfitri

Kegiatan open house yang merupakan salah satu tradisi umat Muslim di Indonesia. (ist/rmolsumsel.id)
Kegiatan open house yang merupakan salah satu tradisi umat Muslim di Indonesia. (ist/rmolsumsel.id)

Umat Muslim di seluruh Indonesia tengah bergembira setelah memasuki Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriah, Senin (2/5). 


Hari ini merupakan waktu ketika umat Islam telah mencapai kemenangan setelah menunaikan ibadah puasa dan membersihkan dosa-dosa di bulan Ramadan. Umat Islam menyempurnakan ibadah selama bulan Ramadhan dengan sholat Ied atau sholat Idul Fitri. Selain itu, masih ada beberapa amalan sunnah Idul Fitri lainnya.

Pada peringatan Idul Fitri, umat Islam merayakan dengan penuh suka cita serta melaksanakan berbagai amalan-amalan sunnah yang hanya dilakukan ketika Lebaran. Berikut ini amalan sunnah Idulfitri yang harus kamu ketahui:

1. Mandi Sebelum Sholat Ied

Mandi merupakan salah satu sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Hal ini sebagaimana sabdanya dalam sebuah hadist berikut ini. 

"Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Majah)

2. Menggunakan Pakaian Terbaik dan Parfum  

Rasulullah SAW senantiasa mengenakan pakaian terbaiknya ketika Idul Fitri. Sementara itu, Rasulullah SAW juga memakai wewangian. Hal ini sebagaimana tercantum dalam sebuah hadist:

“Dari Ali bin Abi Thalib RA, bahwa: Rasulullah SAW memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya." (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak).

3. Makan Sebelum Sholat Ied

Rasulullah SAW selalu menyempatkan diri untuk makan sebelum bergegas untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia sholat dulu." (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ahmad)

4. Mengucapkan Selamat

Pada saat Idul Fitri, Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk mengucapkan selamat saat bertemu sanak saudara dengan doa “Taqabbalallahu minna wa minkum” yang berarti semoga Allah SWT menerima amalan kami dan kalian.