KPU Lubuklinggau Lantik 40 Anggota PPK

Pelantikan anggota PPK Lubuklinggau/ist
Pelantikan anggota PPK Lubuklinggau/ist

Sebanyak 40 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan dilantik. Mereka akan bertugas dalam pelaksanaan Pilkada 2024 yang akan datang.


Ketua KPU Lubuklinggau, Aspin Dodi mengatakan ke 40 anggota PPK tersebut akan bertugas di delapan Kecamatan selama 8 bulan sampai dengan bulan Januari nanti. 

Dari jumlah anggota PPK yang dilantik tersebut hampir separuh merupakan merupakan wajah baru. 

"Ada 11 anggota yang lama dan sisanya anggota baru. Artinya lebih dari separuh adalah anggota baru," kata Aspin Dodi pada Kamis, 16 Mei 2024. 

Setelah dilantik, kata Aspin, para anggota PPK ini akan melakukan pleno penetapan Ketua dan seluruh Divisi. Diharapkan pula mereka dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan aturan serta mekanisme yang ada.  "Segera berbaur, berkoordinasi untuk menjalankan tahapan selanjutnya," jelasnya.

Menurut Aspin, proses rekrutmen anggota PPK dilaksanakan secara terbuka dan seluruh masyarakat Lubuklinggau berkesempatan menjadi penyelanggara. 

"Dari jumlah pendaftar ada 422 yang mendaftar melalui aplikasi. Lalu dari 421 itu tersaring sebanyak 244 orang. "Karena mereka tidak menyerahkan berkas dari 421 yang mengumpulkan berkas 244. Artinya 50 persen lebih yang tidak menyerahkan berkas," ungkapnya. 

Kemudian ke 244 peserta tersebut mengikuti tes tertulis berbasiskan komputer. Dimana kata Aspin, semua soal-soal oleh pihaknya tidak diketahui. Lalu hasilnya langsung diumumkan setelah pelaksanaan. 

"Dari 244 munculah sebanyak 123 yang mengijuti atau yang lulus dari CAT hingga melaksanakan proses wawancara dan terakhir hari ini terpilih 40 orang PPK yang akan melaksanakan tugas selama 8 bulan kedepan yang akan berakhir pada Januari," pungkasnya.