Kembangkan Potensi SDA Desa, Camat Rambutan Rangkul Putra Daerah

Guna mengembangkan potensi pariwisata dan pengelolaan sumber daya alam secara mandiri, Kepala Camat desa Sako, Rambutan libatkan masyarakat lokal, khususnya para pemuda dengan merangkul Forum Mahasiswa Rambutan (FOMRA).


Menurut Camat Rambutan, Mursal, saat ini perlunya pengelolaan dan pengembangan potensi lokal dari ide-ide dan tangan kreatif putra-putri daerah, mengingat beberapa SDA di Rambutan telah dikembangkan sebagai kawasan pariwisata berbasis alam.

"Melalui FORMA ini saya harapakan agar seluruh pemuda di sini punya semangat tinggi untuk turut andil pada pengelolaan potensi alam dan mengembangkan kemampuan SDM dengan aktif, sehingga nantinya ada nilai jual yang bisa dinikmati secara mandiri juga," ujarnya.

Ia juga meminta agar pemuda tidak gagap dalam membangun rumah sendiri menjadi peluang usaha kreatif. Mengingat kondisi hari ini kebutuhan dan pengetahuan bisa diperoleh secara digital.

"Manfaatkan peluang ditigal sekarang, kita bisa menangkap ide tadi dari hasil searching di internet, promosinya juga nanti lewat situ juga. Sekarang jamannya sudah serba praktis, kalian harus memanfaatkan ini sebaik mungkin," terangnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jendral FORMA, Rahmat Indah, menyambut baik koordinasi Camat yang menurutnya menjadi dongkrak bagi pemuda untuk menggiatkan promosi wisata, komoditi dan serta kreatifitas SDM lokal untuk menunjang kemajuan desa.

"Saya bersama teman-teman menyambut arahan dari pak camat, kami melalui FORMA sudah lama menginginkan agar mahasiswa khususnya pemuda di Rambutan mampu menuangkan pengetahuan yang telah diperoleh sebagai pondasi awal pengembangan potensi kawasan tempat tinggal untuk bisa dipasarkan lebih gencar," ujarnya saat dihubungi langsung melalui saluran telepon, Minggu (29/8).

Selain itu, menurut Rahmat, dengan jumlah keanggotaan sebanyak 150 orang di FORMA, besar harapannya agar semuanya mampu terlibat aktif dan tidak main-main. 

"Dari 150 anggota yang sudah terdaftar dan mengikuti LDO, saya harapkan kami bisa menjalin kerjasama dengan kesadaran atas tanggung jawab sebagai putra daerah. Sehingga kedepannya akan terus berlanjut generasi dengan intelektual tinggi, krtits dan sadar akan tupoksinya sebagai estafet pengembang desa," tutupnya.