Keluarga Korban: Cukup Putra Kami yang Terakhir Gugur dalam Penyerangan di Papua

Kesedihan keluarga korban Sertu Anumerta Mochamad Rizal Maulana Arifin. (Istimewa/rmolrumsel.id)
Kesedihan keluarga korban Sertu Anumerta Mochamad Rizal Maulana Arifin. (Istimewa/rmolrumsel.id)

Suasana sedih mewarnai pemakaman Sertu Anumerta Mochamad Rizal Maulana Arifin di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Cibeunying Kidul, Bandung, Sabtu (29/1). Pria berusia 24 tahun ini gugur dalam menjalankan tugasnya di Papua akibat serangan brutal dari Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP).


Sejumlah penghormatan dan penghargaan terakhir diberikan kepada prajurit muda ini atas jasa-jasanya serta pengorbanannya bagi bangsa dan negara yang telah ia berikan.

Memet Selamet mewakili keluarga Sertu Anumerta Mochamad Rizal Maulana Arifin mengucapkan terima kasih kepada Kasad dan seluruh jajaran yang telah memberikan fasilitas mulai dari pengurusan jenazah di lokasi kejadian sampai dengan pelaksanaan pemakaman yang diselengarakan secara upacara militer, yang kesemuanya merupakan bentuk penghargaan negara kepada keluarga dan almarhum.

“Kami semua merasa kehilangan almarhum, tetapi kami merasa bangga almarhum gugur dalam memberikan pengabdian terbaiknya kepada bangsa dan negara. Kami bangga karena pemerintah memberikan perhatian penuh dengan menempatkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra ini, tentunya karena almarhum gugur sebagai Kusuma Bangsa,” katanya.

Selanjutnya keluarga memohon doa agar almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan memaafkan dosa almarhum selama hidupnya. Dia juga meminta pemerintah dan jajaran untuk mengambil langkah tegas agar tidak ada lagi korban berjatuhan.

"Cukup putra kami yang terakhir gugur dalam penyerangan di Papua,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasad Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI, Dudung Abdurachman berjanji akan mengurus dan memenuhi seluruh hak prajurit yang gugur dalam tugas sesuai dengan ketentuan. 

Menurutnya, almarhum Sertu Anumerta Mochamad Rizal Maulana telah bertugas dengan sangat baik dan penuh rasa tanggung jawab sehingga begitu besar pengabdiannya kepada negara dan bangsa selama almarhum bertugas. Karena itu, dia menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materiil atas terlaksananya upacara pemakaman yang berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

"Dia gugur sebagai pahlawan, Mereka Pahlawan negeri ini, pahlawan bagi bangsa ini, dan pahlawan bagi kita semua," tutupnya.