Jelang Opening PON Papua, Ratusan Penonton Mulai Ngantri Masuk Stadion Lukas Enembe

Rtusan penonton ngantri di pintu masuk Stadion Lukas Enembe/ist
Rtusan penonton ngantri di pintu masuk Stadion Lukas Enembe/ist

Penonton yang hendak menyaksikan langsung opening ceremony PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (02/10/2021) harus melewati pengamanan super ketat yang dijaga aparat TNI/Polri dan juga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).


Dilansir website resmi ponxx2021papua.com antrian penonton sudah mulai nampak dari pukul 13.00 Wit, di pintu masuk kawasan Stadion Lukas Enembe  yang terletak di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Ratusan orang tampak tampak berdesak-desakan tanpa memeperhatian lagi protokol kesehatan demi bisa menerobos masuk pintu yang dijaga ketat personil keamanan itu.

Setiap orang yang masuk diminta memperlihatkan undangan, gelang dan juga kartu vaksin sebagai bukti telah teregistrasi sebagai penonton yang akan mengisi kursi tribun. Setelah masuk ke dalam area stadion, penonton harus mencuci tangan dan pengecekan suhu tubuh.

Usai melewati tahap pemeriksaan, setiap penonton juga menjalani pemeriksaan diri dan juga barang barang menggunakan X-Ray dan juga alat metal detector. Kemudian, para penonton diarahkan melewati jalur yang telah ditentukan untuk pemeriksaan terakhir di pintu masuk stadion utama tempat berlangsungnya seremoni pembukaan PON XX.

Meski penuh perjuangan untuk bisa masuk, namun jerih lelah itu terbayar ketika mereka sudah berada di dalam stadion dan melihat persiapan pembukaan pesta olahraga terbesar di tanah air ini yang sangat mewah dan meriah.

“Ini sejarah pertama Papua menyelenggarakan event olahraga terbesar di tanah air. Dan kita tidak akan lupa ikut menyaksikan langsung sejarah itu. Jadi tidak apa-apa, harus berpanas-panasan, berdesak-desakan, yang penting sudah bisa masuk dan nonton langsung. Itu kebanggaan tersendiri,” ujar Sintia, salah seroang penonton.

Sesuai agenda, Presiden Joko Widodo akan membuka secara resmi PON XX Papua pada pukul 19.00 Wit malam ini.

Sebelumnya, Kapolda Papua, Irjen. Pol Mathius Fachiri menyebut sebanyak 9.361 personi TNI/Polri disiagakan di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura guna mendukung pelaksanaan pembukaan PON ini. Sementara secara keseluruhan Papua, sebanyak 22.00 personil aparat diterjukan untuk menjaga keamanan.

“Terkait pengamanan pembukaan PON, kami dalam hal ini aparat keamanan telah siap untuk menyambut acara pembukaan,” kata Kapolda Mathius.

Ia juga meminta masyarakat yang menonton untuk menaati apa yang sudah jadi kesepakatan terkait pengamanan dan juga protokol kesehatan 

“Supaya kita bersama-sama bisa menyukseskan acara pembukaan PON ini bisa berjalan aman, nyaman dan damai,” katanya.