Menjelang libur panjang peringatan Kenaikan Yesus Kristus dan Hari Lahir Pancasila 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang menyiapkan 11.870 tempat duduk untuk perjalanan kereta api periode 28 Mei hingga 1 Juni 2025. Namun, tiket untuk sejumlah perjalanan sudah nyaris habis.
- KAI Divre III Palembang Layani 14 Ribu Lebih Pelanggan Selama Libur Panjang
- KAI Palembang Catat Lonjakan Penumpang 30 Persen Selama Libur Panjang
- Sekda Kota Lubuklinggau Beri Warning ASN yang Tambah Libur, Siap Terima Sanksi
Baca Juga
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengungkapkan, kapasitas tempat duduk itu terdiri dari KA Bukit Serelo (5.300 seat), KA Sindang Marga (3.920 seat), dan KA Rajabasa (2.650 seat).
“Hingga Minggu (25/5/2025), sebanyak 9.767 tiket telah terjual atau sekitar 82 persen dari total kapasitas,” kata Aida.
Tiket KA Bukit Serelo justru sudah terjual melebihi kapasitas. Untuk relasi Kertapati–Lubuklinggau (S9) terjual 2.898 tiket atau 109 persen, sedangkan relasi sebaliknya (S10) mencapai 2.960 tiket. KA Rajabasa tujuan Kertapati–Tanjungkarang juga sudah penuh dengan okupansi 100 persen.
Berbeda dengan dua kereta tersebut, KA Sindang Marga masih sepi peminat. “Tiket KA Sindang Marga baru terjual sekitar 30–35 persen. Masyarakat yang tidak kebagian tiket Bukit Serelo dapat memilih KA Sindang Marga sebagai alternatif,” ujarnya.
Tingginya penjualan tiket Bukit Serelo dan Rajabasa disebut tak lepas dari tarif murah yang diberlakukan lewat skema subsidi atau Public Service Obligation (PSO) dari pemerintah.
“PSO adalah wujud nyata dukungan pemerintah melalui DJKA Kemenhub bersama KAI dalam menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat. Ini adalah investasi jangka panjang,” ungkap Aida.
Dalam tiga tahun terakhir, jumlah penumpang KA subsidi di wilayah Divre III Palembang terus meningkat: 557.259 orang pada 2022, naik 24 persen jadi 693.237 pada 2023, dan kembali naik 7,2 persen menjadi 743.482 orang pada 2024.
Aida mengimbau masyarakat membeli tiket hanya melalui aplikasi Access by KAI atau mitra resmi untuk menghindari penipuan. Informasi pemesanan dan penjualan tiket bisa diperoleh melalui Contact Center KAI di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau akun media sosial KAI121.
“KAI terus berkomitmen memberikan pelayanan prima dengan mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan agar perjalanan libur masyarakat tetap menyenangkan,” tutupnya.
- KAI Palembang Angkut 110 Ribu Lebih Penumpang di Sumsel selama Masa Libur Sekolah
- Tak Hanya Lansia, KAI Juga Berikan Diskon Spesial untuk Wartawan, Disabilitas, Veteran, TNI, dan Polri
- Tak Hanya Lansia, KAI Juga Berikan Diskon Spesial untuk Wartawan, Disabilitas, Veteran, TNI, dan Polri