Jalankan Tugas Penegakan Perda, Pol PP Harus Junjung Tinggi HAM dan Tidak Menggunakan Kekerasan

Pelatihan pengembangan SDM yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja dan satuan perlindungan masyarakat/ist
Pelatihan pengembangan SDM yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja dan satuan perlindungan masyarakat/ist

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam menjalankan tugas dan fungsinya menegakan Perda harus menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia (HAM).


Disamping itu Satpol PP dalam menjalankan tugasnya juga tidak menggunakan kekerasan. Namun mengedepankan dialog dan memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Staf Ahli l Walikota Lubuklinggau Bidang Pemerintah Hukum dan Politik, Asron Erwadi saat membuka pelatihan pengembangan SDM yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja dan satuan perlindungan masyarakat di Kantor Camat Lubuklinggau Barat ll, Kamis (22/9/2022).

"Laksanakan tugas secara profesional serta humanis yang memegang teguh dan menjunjung tinggi nilai HAM. Dalam menjalankan tugas jangan menggunakan kekerasan, ajak masyarakat berdialog, berikan pemahaman yang belum paham peraturan, undang-undang atau Perda," kata Asron.

Asron menjelaskan, pelatihan pengembangan SDM bertujuan memberikan pembekalan dan pengetahuan tentang aturan-aturan sebagaimana tugas pokok dan fungsi Sat Pol-PP dalam rangka penegakan Perda, keputusan kepala daerah, pembinaan ketertiban dan ketentraman masyarakat.

"Satpol PP juga harus siap melaksanakan tugas sehingga penegakan Perda dan keputusan kepala daerah serta pembinaan ketertiban dan ketentraman masyarakat dapat lebih dioptimalkan," terangnya.

Semantara itu Kepala Satpol PP Kota Lubuklinggau, Walyusman menjelaskan pelatihan diikuti seluruh linmas dari perwakilan 72 kelurahan diwilayah kota Lubuklinggau.

Adapun tujuan kegiatan agar linmas paham tupoksi tugasnya masing-masing. "Peserta berjumlah 250 orang dimana setiap kelurahan ada 3 orang yang dipilih menjadi Linmas atau lebih untuk mencukupi jumlah 250 orang yang terdiri dari 246 orang laki ada 4 orang perempuan," pungkasnya.