Jadi Pembina FOPI Palembang, SMB IV: Jadikan Petanque Tak Hanya Olahraga tapi Hiburan Masyarakat

SMB IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja menerima seragama FOPI setelah diangkat menjadi pembina FOPI Kota Palembang. (Ist/rmolsumsel.id)
SMB IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja menerima seragama FOPI setelah diangkat menjadi pembina FOPI Kota Palembang. (Ist/rmolsumsel.id)

Olahraga petanque masih belum banyak diketahui masyarakat. Tugas pengurus olahraga ini bukan sekedar melakukan pembinaan untuk meraih prestasi tapi juga menyosialisasikan olahraga asal Prancis ini.  


Hal itu disampaikan Sultan Mahmud Badaruddin IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja saat menerima Pengurus Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kota Palembang di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam di Jalan Sultan Muhammad Mansyur nomor 776, 32 Ilir Palembang, Jumat malam (12/11).

Pengurus FOPI Kota Palembang yang hadir yakni Ketua Umum Ferry Irawan, Sekretaris Umum A Yusuf Lambir, Bendahara Eka Elektrika dan Kabid Binpres Lena Indayati. Sementara mendampingi SMB IV antara lain RM Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, dan Pangeran Jayo Syarif Lukman.

SMB IV mengatakan, untuk memasyarakatkan olahraga petanque di Kota Palembang perlu dilakukan beberapa langkah strategis untuk orang mengetahui dan tertarik menjadi atlet petanque. Jika sudah banyak yang tertarik, maka hal ini akan memudahkan pencarian bibit-bibit atlet untuk dibina menjadi atlet berprestasi.

“Saya juga tadi ada saran bagaimana bukan hanya di lapangan, tapi kita cari tempat lain seperti di Bukit Seguntang atau Punti Kayu sehingga petanque ini bukan hanya untuk atlet atau olahraga tapi untuk hiburan masyarakat,” katanya.

SMB IV menyampaikan, sejauh ini tidak banyak masyarakat Palembang yang mengetahui olahraga petanque.

“Makanya lebih banyak sosialisasi lagi mungkin di tempat-tempat publik sehingga bisa lebih maju lagi,” tuturnya.

Ketua Umum FOPI Kota Palembang, Ferry Irawan menjelaskan tujuan mereka ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam untuk menjadikan SMB IV sebagai pembina FOPI Kota Palembang.

“Masukan dari Sultan untuk mengenalkan petanque dengan menggelarnya di Bukit Seguntang supaya para pengunjung bisa melihat bagaimana caranya permainan petanque ini dan bisa diminati oleh seluruh masyarakat kota Palembang,” ucap Ferry.