Ini Alasan Khabib Nurmagomedov Tolak 100 Juta Dolar Hadapi Floyd Mayweather di Timur Tengah

Khabib Nurmagomedov, saat berbicara kepada podcast Tyson's HotBoxin' beberapa waktu lalu. (ist/rmolsumsel.id)
Khabib Nurmagomedov, saat berbicara kepada podcast Tyson's HotBoxin' beberapa waktu lalu. (ist/rmolsumsel.id)

Legenda hidup UFC, Khabib Nurmagomedov, menolak kesempatan atas tawaran uang 100 Juta Dolar, untuk menghadapi Floyd Mayweather di Timur Tengah dalam pertarungan MMA crossover.


Menurut bintang MMA Rusia itu, alasan dia menolak dengan pendekatan jumlah uang yang tak terhitung tersebut karena dia tidak pernah bertarung demi uang.

Khabib yang pensiun dari pertarungan Oktober 2020 lalu usai mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254, menyatakan tidak bisa terus bertarung tanpa ayahnya, yang meninggal karena virus corona awal tahun yang berada di sampingnya.

Khabib mengungkapkan, sebelum pensiun menerima tawaran untuk menghadapi Mayweather dalam pertarungan crossover Timur Tengah setiap bula,' tetapi petinju berusia 32 tahun itu mengatakan kepada legenda tinju, Mike Tyson, bahwa menerima uang sebanyak itu untuk satu pertarungan adalah 'berbahaya' dalam industry ini.

 “Saya tidak ingin membuat komunitas tinju marah dengan saya. Tentu saja uang juga masuk akal. Tapi saya tidak pernah berjuang untuk uang. Uang itu baik, tetapi sebagian besar waktu itu buruk,” kata dia kepada podcast Tyson's HotBoxin' seperti dilansir dailymail.co.uk.

“Uang akan membawa anda ke situasi yang belum pernah anda alami, dan anda tidak tahu bagaimana harus bertindak ketika anda memiliki begitu banyak uang. Ini sedikit berbahaya. Dalam bisnis ini, saya tidak datang untuk menghasilkan uang,” tegas dia.

Khabib sendiri pensiun dari UFC dengan rekor 29-0 yang sempurna selama 12 tahun dan dihabiskannya untuk bertarung di oktagon. Sementara, prestasi Mayweather juga sangat mocer dan tidak pernah mengalami kekalahan karir di dalam ring, memegang rekor 50-0 dengan 27 di antaranya KO.

Manajer Khabib, Ali Abdelaziz, membenarkan bahwa Presiden UFC, Dana White, sepenuhnya mendukung bintang MMA Rusia yang ambil bagian dalam pertandingan tinju, tetapi hanya ingin menghibur Mayweather yang pindah ke UFC.

“Dengar, kami ditawari 100 juta Dolar untuk melawan Floyd Mayweather. Dana White ada di dalamnya, semua orang ada di dalamnya. Tapi anda tahu, Khabib adalah petarung MMA. Jika Floyd ingin datang untuk bertarung, tidak masalah,” kata dia.

Pertarungan crossover telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan Mayweather menghadapi saingan Khabib di UFC, Conor McGregor dalam bentrokan tinju pada tahun 2017.

Pria Amerika yang dijuluki 'The Money' itu, menjatuhkan McGregor di ronde ke sepuluh dan dilaporkan memperoleh 300 juta Dolar dari bentrokan tersebut, sementara petarung UFC memperoleh 100 juta Dolar.

Mayweather juga menghadapi YouTuber yang berubah menjadi petinju, yakni Logan Paul, dalam pertandingan eksibisi pada bulan Juni dan gagal menjatuhkan bintang streaming Amerika itu.

Bentrokan Mayweather-Paul gagal membuat Khabib terkesan, yang mengklaim bahwa satu-satunya motivasi bagi kedua petarung itu untuk bersatu adalah uang dan murni bisnis.