India Kirim 33.500 Metrik Ton Gandum ke Afghanistan

India mengirimkan bantuan gandum dan obat-obatan untuk warga Afghanistan/India Head News
India mengirimkan bantuan gandum dan obat-obatan untuk warga Afghanistan/India Head News

India kembali mengirimkan bantuan kemanusian ke Afghanistan berupa 33.500 metrik ton gandum. 


Sebelumnya, pengiriman bantuan kemanusiaan dari India ke Afghanistan pertama pada 26 Februari, berupa 2.500 ton gandum.

India yang merupakan penghasil gandum terbesar kedua dunia terus mengirim bantuan secara berkala di tengah krisis ekonomi dan pangan yang semakin buruk di negara tersebut.

India mengirim 33.500 metrik ton gandum ke Afghanistan melalui perbatasan Attari-Wagah, bekerja sama dengan Program Pangan Dunia (WFP), seperti dikutip dari ANI News pada Rabu (6/7).

Dalam upaya kemanusiaan untuk membantu Afghanistan, India berkomitmen akan mengirim 50 ribu metrik ton gandum ke negara tersebut. Hingga saat ini, India sudah 15 kali mengirim bantuan gandum ke Afghanistan.

"Komitmen kami untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada orang-orang Afghanistan tetap teguh," kata jurubicara Kementerian Luar Negeri India, Arindam Bagchi di Twitter pada Kamis (30/6).

Selain gandum, India juga telah mengirim bantuan berupa obat-obatan penting sebanyak 20 ton ke Afghanistan dalam tujuh gelombang. Obat-obatan tersebut termasuk anti-TB hingga vaksin Covid-19.

Seperti diketahui, Afghanistan menghadapi krisis parah setelah negara ini diambil alih oleh Taliban pada pertengahan Afghanistan pada tahun lalu. 

Kondisi ini diperparah dengan gempa dahsyat yang baru-baru ini mengguncang Afghanistan.