Ikan Segarurung Makin Diminati, jadi Makanan Andalan Warga PALI

Ikan asap khas PALI yang makin diminati warga. (Eko Jurianto/Rmolsumsel).
Ikan asap khas PALI yang makin diminati warga. (Eko Jurianto/Rmolsumsel).

Selain menjadi makanan khas Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Segarurung atau olahan ikan yang dipanggang dengan metode pengasapan, rupanya tidak pernah bosan diburu oleh warga yang berdiam di kabupaten berjuluk Bumi Serepat Serasan itu.


Pasalnya, olahan ikan yang diasapi dengan bumbu khas itu hampir setiap hari ludes terjual yang dijajakan pedagang, baik yang mangkal maupun berkeliling di setiap pasar ataupun kalangan (satu hari sepekan).

Alasan pembeli memburu ikan Segarurung tak lain adalah disamping rasanya lezat serta praktis dan memiliki citarasa tersendiri, juga harganya tergolong bersahabat dan tidak menguras isi kantong.

Terlebih kondisi saat ini, dimana sebagian petani karet di kabupaten PALI mengeluh perekonomiannya yang tidak stabil, imbas dari harga getah karet yang tak kunjung membaik. 

"Pilihan makan enak tapi hemat adalah ikan Segarurung. Kami beli olahan ikan itu setiap digelarnya pasar kalangan mingguan di desa kami, " ujar Pinarsih, salah satu warga Karta Dewa Kecamatan Talang Ubi. 

Diakuinya bahwa harga ikan Segarurung siap saji dikisaran Rp5.000 hingga Rp15.000 per ekor, tergantung pada jenis ikan yang diolah dan ukurannya. "Banyak pilihan ikan, ada patin dan nila serta ada pepes isi perut ikan yang harganya jauh lebih murah," imbuhnya. 

Sementara itu, Aisyah pedagang ikan Segarurung menyebut bahwa dengan kondisi seperti itu menjadi berkah tersendiri bagi dirinya serta keluarga. 

"Saya berjualan berkeliling di setiap pasar kalangan yang terjangkau. Setiap hari tak kurang dari 20 ekor ikan patin dan nila habis, ada juga panggang ayam dengan harga tidak terlalu mahal yang penting dapat untung sedikit tapi lancar," ucapnya. 

Terpisah, Raden Abdurrohman Plt Kepala dinas Koperasi dan UKM kabupaten PALI menyambut baik berkembangnya usaha olahan ikan Segururung. 

"Kami terus bina dan dampingi pelaku usaha ikan Segururung, bahkan belum lama ini kita bantu kemasan supaya kualitas produk pelaku usaha itu lebih meningkat dan pangsa pasarnya lebih luas lagi," tandasnya.