Gubernur Sumsel Gelontorkan Dana Bantuan 7 Miliar bagi 70 Desa Persiapan

ilustrasi (ist/rmolsumsel.id)
ilustrasi (ist/rmolsumsel.id)

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali mengucurkan dana bantuan keuangan sebesar Rp7 miliar rupiah kepada 70 operasional desa persiapan yang tersebar dari tujuh kabupaten/kota di Sumsel.


Bantuan keuangan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel, Herma deru diakui sebagai bentuk kepedulian Pemprov Sumsel terhadap penyelenggaraan pemerintah desa dan pemberdayaan masyarakat agar dapat berjalan sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

"Sejak tahun 2019 lalu kita sudah memberikan stimulant serupa, hal ini dilakukan agar mereka dapat melangsungkan pembangunan. Karena bagaimanapun mereka adalah warga kita,” terang Deru kepada media.

Dikatakan pula olehnya bahwa 70 desa yang menerima bantuan tersebut merupakan wilayah  yang belum mendapat kode desa dari Mendagri sehingga belum bisa menggunakan APBN dari pemerintah pusat utuk pembangunan desa.

“Sebenarnya dari inisiasi saat pemekaran itu muncul tidak ada yang menjadi desa persiapan, namun saat UU No 6 tahun 2014 diberlakukan ada saja yang tertinggal pengesahannya, sehingga belum dapat kode desa dari Mendagri. Saya perintahkan dinas PMD untuk merigistrasi atau melegalkan mereka secara tingkat provinsi, tapi konsekuensinya mereka tidak dapat APBN dari pusat.” Tambahnya.

Adapun nominal bantuan bagi masing-masing desa sebesar Rp100 juta rupiah diluar gaji perangkat yang telah dianggarkan oleh kabupaten/kota masing-masing.

“Stimulan ini diperuntukan bagi pemberdayaan PKK, Posyandu, prestasi olahraga, Karang Taruna. Kita support, jadi mereka punya kesetaraan dan juga untuk operasional ada kendaraan. Yang dimaksud operasional itu juga tidak bisa selalu diidentikan sebagai taktisnya kepala desa, tapi untuk biaya pelayanan,” terangnya lagi.

Untuk diketahui rincian desa yang menerima bantuan anggaran 2021 adalah sebagai berikut, Kabupaten OKU Timur sebanyak 20 desa persiapan, Kabupaten OKI sebanyak 16 desa persiapan, Kabupaten OKU 2 desa persiapan, Kabupaten Pali 26 desa persiapan, Kabupaten Musi Banyuasin 2 desa persiapan, Kabupaten Banyuasin 3 desa persiapan, dan Kabupaten Muara Enim 1 desa persiapan.