Gantikan AKBP Dalizon, AKBP Nuryono Jabat Kapolres OKU Timur

AKBP Nuryono gantikan AKBP Dalizon menjabat Kapolres OKU Timur. (Net/rmolsumsel.id)
AKBP Nuryono gantikan AKBP Dalizon menjabat Kapolres OKU Timur. (Net/rmolsumsel.id)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengganti Kapolres nonaktif OKU Timur AKBP Dalizon yang ditahan di Bareskrim Polri. Penggantian tertuang dalam Surat Telegram Kapolri No.ST/165/I/KEP./2022 tanggal 24 Januari 2022 yang ditandatangi As SDM Polri, Irjen Wahyu Widada.


Dalam Surat Telegram tersebut, Kapolri menunjuk AKBP Nuryono sebagai Kapolres OKU Timur yang baru. Sebelumnya Nuryono menjabat sebagai Kapolres Lubuklinggau.

Posisi Kapolres Lubuklinggau yang ditinggalkan Nuryono diisi AKBP Harissandi yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit 3 Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sumsel.

AKBP Dalizon sendiri dipindahkan menjadi Pamen Yanma Polri dalam rangka evaluasi jabatan.

Dalam Surat Telegram tersebut juga diketahui, Kombes Franky H Parapat yang sebelumnya menjabat Kabidkum Polda Sumsel dimutasikan sebagai sebagai Pamen Yanma Polri dalam rangka evaluasi jabatan.

Kapolres nonaktif OKU Timur, AKBP Dalizon resmi ditahan di Direktorat Tipidkor Bareskrim Polri sejak tanggal 8 Januari 2022 karena tersandung kasus dugaan menerima aliran dana dalam proyek di Dinas PUPR Kabupaten Muba.

Kasus ini terungkap ke publik setelah Kadis PUPR nonaktif Kabupaten Muba, Herman Mayori, memberi kesaksian dalam sidang di Pengadilan Tipikor Palembang, Kamis (20/1).

Diduga kuat, Dalizon menerima aliran dana tersebut saat menjabat sebagai Kasubdit Tipidkor Polda Sumsel.