Fakta Peringatan Hari Bumi, Google Doodle Peringati Dampak Mengerikan Perubahan Iklim

google doodle hari bumi
google doodle hari bumi

Sejak tahun 1970, setiap tanggal 22 April selalu menjadi hari yang penting yang diperingati di seluruh dunia. Hari Bumi namanya, sebuah hari dimana seluruh manusia diingatkan untuk peduli terhadap bumi.


Di tahun 2022 atau tahun ini, peringatan Hari Bumi mengusung tema 'Invest in Our Planet' atau 'Berinvestasi Pada Planet Kita'. Melalui tema tersebut, umat manusia di bumi diajak untuk mencapai nol emisi gas rumah kaca.

"Kita perlu mencapai nol emisi gas rumah kaca pada pertengahan abad untuk menjaga suhu global di bawah 1,5 derajat celcius," dikutip dari earthday.org, Sabtu (23/4).

Lantas, apa yang membuat tanggal 22 April menjadi hari yang penting bagi keberlanjutan bumi, simak berikut beberapa fakta yang berhasil Kantor Berita RMOLSumsel rangkum;

1. Sejarah Hari Bumi

Peringatan Hari Bumi pertama kali diselenggarakan pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Seperti dijelaskan earthday.org, bahwa peringatan Hari Bumi digagas oleh senator asal Wisconsin, Amerika Serikat, Gaylord Nelson yang seorang pengajar lingkungan hidup.

Gagasan tersebut timbul dari rasa khawatir Nelson akan kerusakan lingkungan yang terus terjadi setiap tahunnya di wilayah tempat ia tinggal. Dirinya pun mulai mengajar di kampus-kampus guna menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Bahkan, Nelson juga mengajak Anggota Kongres Partai Republik yang juga peduli terhadap konservasi alam.

Kemudian langkah nelson berlanjut dengan merekrut aktivis muda, Denis Hayes untuk ikut mengatur kegiatan edukasi lingkungan tersebut. Akhirnya, tanggal 22 April menjadi hari yang dipilih Nelson dan Kolega untuk menggelar acara yang diberi nama Hari Bumi tersebut.

Alhasil acara tersebut mencuri perhatian 20 juta orang pada saat itu. Bahkan 10 persen dari total populasi Amerika Serikat waktu itu terjun ke jalan untuk mendemontrasikan dampak dari 150 tahun pembangunan industri yang berdampak buruk pada lingkungan.

Pada akhir 1970, Hari Bumi pertama mengarah pada pembentukan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat dan pengesahan undang-undang lingkungan pertama yang sejenis, termasuk Undang-Undang Pendidikan Lingkungan Nasional, Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, serta Undang-Undang Udara Bersih.

2. Buat 52 Aksi Menjaga Bumi

Pada peringatan tahun ini, earthday.org juga mengajak agar semangan menjaga bumi tidak hanya setahun sekali. Bahkan, pihaknya juga berbagi 52 aksi yang berisi tips dan cara yang bisa diterapkan untuk menjaga bumi setiap hari sepanjang tahun.

Mulai dari memperhitungkan jajak karbon makanan yang dikonsumsi, diet ramah lingkungan, dan ikut andil dalam mendukung edukasi iklim. Pihaknya juga mengajak publik untuk mendorong tempat mereka berkegiatan untuk beraksi melawan perubahan iklim.

"Bagikan cerita Anda, berdiri melawan deforestasi, memungut sampah untuk nantinya dipilah selama berlari, memperhitungkan jejak karbon dari kegiatan sehari-hari, memperkirakan penggunaan plastik, dan mengatur kegiatan bersih-bersih dalam komunitas," tulisnya.

Bahkan membeli produk makanan lokal, beralih pada opsi fesyen lebih berkelanjutan, dan menyiapkan menu makanan yang tidak menimbulkan limbah adalah cara yang bisa diterapkan. 

Kemudian mendesak penggunaan energi terbarukan, beralih menggunakan kantong belanja yang bisa digunakan berulang kali, hingga belajar cara melawan limbah. Tentu masih banyak cara lain yang apabila diterapkan, bumi akan ikut terjaga.

3. Google Doodle Hari Bumi

Sama seperti tema yang dibahas dalam peringatan Hari Bumi 2022, Google Doodle juga menampilkan topik yang juga bersangkutan dengan dampak perubahan iklim yang diambil dari empat lokasi berbeda.

"Menggunakan citra selang waktu nyata dari Google Earth Timelapse dan sumber lain, Doodle menunjukkan dampak perubahan iklim di empat lokasi berbeda di sekitar planet kita," tulis Google melalui blog resminya.

Keempat lokasi yang dimaksud adalah gambar Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika yang diambil setiap bulan Desember dari tahun 1986 sampai 2020. Kemudian, gambar Sermersooq di Greenlad yang menampilkan tingkat pencairan glasier. Pengambilan gambar juga sama yakni 1986 hingga 2020.

Lalu ada Great Barrie Reef di. Australia yang menampilkan pemutihan karang dj Lizard Island, adapun gambar tersebut diambil setiap bulan Maret hinnga Mei 2016.

Dan terakhir yakni Hutan Harz di Elend, Jerman yang menampilkan hutan yang hancur oleh serangan kumbang kulit kayu karena kenaikan suhu dan kekeringan parah. Gambar itupun diambil setiap bulan Desember setiap tahun dari 1995 hingga 2020.