Dukung Program Hipertensi, Inovasi 'Jago Nenek Kitek' Musi Banyuasin Raih Penghargaan Nasional

Program 'Jago Nenek Kitek' penghargaan dari Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes). (ist/rmolsumsel.id)
Program 'Jago Nenek Kitek' penghargaan dari Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes). (ist/rmolsumsel.id)

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menerima penghargaan dari Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes) atas inovasi yang mendukung program hipertensi melalui program "Jago Nenek Kitek". 


Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinkes Muba dr H Azmi Dariusmansyah MARS melalui Kabid P2P Ucu Arunsang SKM MKes di Balikpapan dalam acara Balikpapan Health Coferemce and Expo yang diselenggarakan pada tanggal 9-11 Mei 2024.

Inovasi 'Jago Nenek Kitek' merupakan program yang diprakarsai oleh Dinkes Muba dalam memberikan layanan penanggulangan penyakit tidak menular (PTM) secara home visit. Program ini diluncurkan pada masa pandemi Covid-19 untuk mengatasi kesulitan masyarakat, terutama lansia, dalam mengakses layanan kesehatan.

Kepala Dinkes Muba dr H Azmi Dariusmansyah, MARS, menyampaikan rasa syukur atas penghargaan ini dan mengapresiasi semua petugas kesehatan yang telah memberikan pelayanan kesehatan paripurna kepada masyarakat di Kabupaten Musi Banyuasin. 

"Penghargaan ini merupakan bukti keseriusan dan komitmen dari petugas kesehatan di puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik," ungkapnya.

Lebih lanjut, dr H Azmi Dariusmansyah menjelaskan, Inovasi Jago Nenek Kitek akan terus ditingkatkan kualitasnya dan diperluas jangkauannya. 

"Kedepan program ini akan ditingkatkan dan dikembangkan dengan sasaran pelaksanaan pemeriksaan Hipertensi ke masyarakat mulai dari usia produktif dan bagi penderita hipertensi agar selalu melakukan kontrol ke faskes secara berkala," tandasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muba, Sandi Fahlepi menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada Dinkes Muba dan seluruh petugas kesehatan yang tersebar di Kabupaten Muba atas inovasi yang diciptakan dan kerja keras mereka dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. 

"Capaian ini menjadi motivasi kita untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat," ujarnya.

Program Inovasi Jago Nenek Kitek telah dilaksanakan di semua puskesmas di Kabupaten Musi Banyuasin sejak tahun 2020 dan telah memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Layanan yang diberikan program ini meliputi pemeriksaan kesehatan lansia, skrining PTM seperti hipertensi dan diabetes, tata laksana kasus, dan pengawasan pengobatan PTM.