Dua Kali Tumbangkan Curacao, Rangking Timnas Indonesia Naik Empat Tingkat

Timnas Indonesia/Foto: PSSI
Timnas Indonesia/Foto: PSSI

Timnas Indonesia kembali menuai hasil positif di FIFA matchday melawan Curacao. Bermain di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9) skuad garuda mampu menumbangkan perlawanan Curacao dengan skor 2-1.


Dua gol timnas diciptakan Dimas Drajad dimenit ke-3 dan Dendy Sulistiawan dimenit 86. Sementara gol balasan Curacao diciptakan Jeremmy Antoninnse dimenit 47.

Kemenangan ini merupakan pertemuan kedua setelah di Bandung pada Sabtu 24 September 2022. Dalam pertandingan itu, Timnas Indonesia sukses menang dengan skor 3-2.

Kemenangan beruntun Timnas Indonesia atas negara Curacao dalam ajang FIFA Matchday mengerek posisi timnas ke peringkat 151 dari sebelumnya berada di posisi 155.

Dari data yang dihimpun, dua kemenangan beruntun dengan skor 3-2 di pertandingan pertama dan 2-1 di pertandingan kedua membuat Indonesia mengemas 14,82 poin. Sehingga, total poin yang dikumpulkan timnas mencapai 1.033,28 poin. 

Timnas Indonesia menggeser posisi empat negara yakni Republik Dominika yang memiliki 1.031 poin. 

Andorra dengan 1.028 poin, Yaman sebanyak 1.023 poin dan Afghanistan yang memiliki 1.023 poin.

Jalannya pertandingan

Indonesia unggul cepat ketika laga baru berjalan tiga menit. Sebuah tembakan keras dari Witan Sulaeman berhasil dimaksimalkan oleh Dimas Drajad.

Curacao berusaha untuk memperkecil ketertinggalan. Namun pertahanan Timnas Indonesia yang diterapkan oleh Shin Tae-yong tak mampu ditembus Leandro Bacuna dan kolega.

Di babak kedua, Curacao menurunkan Jeremy Antonisse untuk menambah daya gedor. Pilihan pelatih Remko Bicentini terbukti ampuh karena baru semenit laga bergulir, Curacao mampu mencetak gol untuk menyeimbangkan skor.

Sebuah eksekusi tendangan bebas dari Ricky Kambuaya sempat memberi ancaman. Sempat dimentahkan oleh pemain Curacao, namun tendangan jarak jauh Rachmat Irianto masih melebar dari gawang.

Shin Tae-yong merespons dengan menurunkan Marselino Ferdinan. Sang bintang Timnas Indonesia U-20 mengambil tempat Ricky Kambuaya di lapangan.

Saddil Ramdani sempat memberikan ancaman beberapa saat kemudian. Aksinya melewati pemain Curacao masih bisa dimentahkan oleh kiper.

Shin Tae-yong kemudian melakukan dua pergantian ganda dengan memasukkan Muhammad Rafli dan Dendy Sulistyawan. Mereka menggantikan Egy Maulana Vikri dan Dimas Drajad.

Menit ke-72, Muhammad Ferarri dan Ramadhan Sananta masuk ke lapangan. Saddil Ramdani dan Pratama Arhan ditarik keluar.

Yakob Sayuri memberikan ancaman di menit ke-75 dengan menusuk ke kotak penalti. Namun upayanya masih mengenai tubuh pemain bertahan Curacao.

Curacao harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-80 karena Juninho Bacuna dikartu merah. Wasit mengganjarnya dengan kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran keras.

Menit ke-87, Witan Sulaeman meliuk-liuk di kotak penalti Curacao. Umpannya melewati celah kaki para pemain Curacao dan mampu diteruskan oleh Dendy Sulistyawan yang tak terkawal.

Hingga akhir, tidak ada lagi gol yang tercipta di antara kedua tim. Indonesia pun menang dengan skor 2-1.