DLHK Palembang Sebut Kekurangan Armada jadi Penyebab Banyak Tumpukan Sampah di Jalanan

Tumpukan Sampah di sudut jalan Kota Palembang/Foto:Humaidy Kennedy
Tumpukan Sampah di sudut jalan Kota Palembang/Foto:Humaidy Kennedy

Permasalahan sampah di Kota Palembang menjadi masalah yang serius. Pasalnya, masih terdapat sampah yang berserakan di sejumlah jalan di Kota Palembang. 


Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, Akhmad Mustain mengatakan bahwa tumpukan sampah yang berserakan tersebut diakibatkan jumlah armada yang kurang. 

Sehingga tidak mampu menampung atau mengangkut semua sampah yang dihasilkan masyarakat. 

"Memang kurang armada kita, kalau dalam bahasanya itu kolekting kurang karena jumlah armadanya tidak memadai," kata Mustain ketika dibincangi, Kamis (25/8). 

Disebutkan, jumlah armada pengangkut sampah di Kota Palembang saat ini hanya berjumlah 121 unit. Sedangkan untuk tenaga manusia hanya berjumlah 1.418, yang meliputi penyapu jalan, pengangkut sampah, hingga PHL. 

Oleh sebab itu, Mustain mengatakan Pemkot Palembang berencana menambah jumlah armada yang ada. 

"Sudah kita bahas dengan Pak Walikota, dan direncanakan akan ditambah armada kurang lebih 10-15 unit mobil truk nantinya," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala UPTD TPA DLHK Kota Palembang, Zaidan Jauhari  bahwa jumlah penghasilan sampah di Kota Palembang mencapai 600-700 ton per hari.

"Setiap harinya memang sampah kita angkut, yang masuk ke TPA bisa mencapai 600-700 ton per hari. Berbeda kalau kondisi tertentu bisa mencapai 800 ton per hari," ujarnya.