Disinyalir Bangun Jalan Tanpa Amdal, DPRD OKU Bakal Panggil DLH dan PT Semen Baturaja

Wakil Ketua I DPRD OKU, Yudhi Purna Nugraha SH/ist
Wakil Ketua I DPRD OKU, Yudhi Purna Nugraha SH/ist

Terkait temuan aktivis Koalisi Kawal Lingkungan Hidup (Kawali) Sumsel tentang pembangunan jalan angkutan semen oleh PT Semen Baturaja yang melintasi empat desa di Kabupaten OKU, tidak disertai dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).


Mendapat sorotan dari Wakil Ketua I DPRD OKU, Yudhi Purna Nugraha SH. Politisi Partai Amanat Nasional  (PAN) ini menegaskan, terkait isu tersebut, dalam waktu dekat pihaknya dalam hal ini komisi 2 DPRD OKU akan memanggil UPTD teknis yakni DLH OKU.

“Kalau terkait isu ini, komisi 2 dalam waktu dekat akan memanggil DLH OKU dan pihak PT Semen Baturaja untuk mengklarifikasinya,” kata Legislator yang akrab disapa YPN saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (26/1).

Menurut Yudhi, hal tersebut penting untuk dilakukan karena harus dilakukan pendalaman terhadap status jalan tersebut.

“Apakah memang benar pembangunan jalan itu sudah ada AMDAL atau belum. Kalau dibangun untuk jalan pribadi perusahaan, bagaimana hak masyarakat terhadap jalan di sekitarnya. Nanti masyarakat sulit akses jalan itu,” ujarnya.

Oleh karena itu, tegas Yudha, sebagai wakil rakyat pihaknya harus melakukan peninjauan serta klarifikasi terhadap pihak-pihak terkait dalam pembangunan jalan tersebut.

“Nanti hasil pertemuan dengan DLH dan PT Semen Baturaja akan kita sampaikan lebih lanjut,” pungkasnya.