Diduga Korsleting Listrik, Enam Rumah di Belakang Masjid Agung Muara Enim Terbakar

Warga bahu membahu berusaha memadamkan api yang melahap rumah di Kelurahan Pasar I, Kecamatan Muara Enim, Minggu malam (27/3). (Noviansyah/rmolsumsel.id)
Warga bahu membahu berusaha memadamkan api yang melahap rumah di Kelurahan Pasar I, Kecamatan Muara Enim, Minggu malam (27/3). (Noviansyah/rmolsumsel.id)

Warga RT 02 RW 02 Kemayoran, Kelurahan Pasar I, Kecamatan Muara Enim tepatnya di belakang Masjid Agung Muara Enim digegerkan dengan kebakaran yang melahap sedikitnya enam unit rumah warga, Minggu malam (27/3).


Kebakaran terjadi sekitar pukul 19:16 WIB, di mana api terlihat pertama kali dari rumah milik Ruspudin. Karena rumah warga di lokasi itu terbuat dari bangunan semi permanen membuat api cepat membesar dan menjalar ke rumah lainnya. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Ketua RW 02, Fideraini mengatakan, enam rumah yang terkena kobaran api milik Ruspudin Akamala Sehamat, Zulfikar, Sarifudin, Kholidil, Anisa dan Farisa. Satu rumah hangus terbakar yaitu milik Ruspudin.

Menurut Fideraini, berdasarkan keterangan saksi mata dan anak dari Ruspudin, saat itu rumah dalam keadaan kosong karena seisi rumah sedang bepergian ke luar rumah. Ketika pulang ke rumah menurut keterangan keluarga korban, api berasal dari atas dan menyala ketika mereka pulang.

“Dewi (anak Ruspudin) melihat api berasal dari atas rumah. Dari sana api menjalar ke rumah-rumah disekitar titik utama. Karena mayoritas penduduk Kemayoran rumahnya panggung berbahan kayu, sehingga api cepat menjalar. Dugaan sementara kejadian ini akibat hubungan arus pendek listrik,” tutur Fideraini.

Fideraini menyampaikan, korban yang terdampak saat ini telah diungsikan ke rumah warga setempat.

Kabid Kebakaran Disdamkar Muara Enim, Adi Sutrisno mengatakan, dalam kejadian ini Disdamkar menurunkan 3 unit pemadam dan 1 suplai. Sementara 2 unit lainnya datang dari bantuan PT. Bukit Asam, PAMA dan BPBD.

“Saat ini kami belum bisa memastikan sumber api. Ada enam rumah terbakar, di mana 1 rumah ludes terbakar, 2 rumah yang berdampingan dengan titik mula api rusak berat dan 3 lainnya terdampak sekitar 30 persen,” terang Adi.