BMKG Bagikan 1000 Paket Pelatihan Vokasi Daring untuk Anak Muda

(ist/vocasia.id)
(ist/vocasia.id)

Seiring dengan peringatan Hari Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (HMKG) ke-74, Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membagikan 1.000 paket pelatihan vokasi daring bagi anak muda. 


Dari program ini diharapkan anak muda dapat memperoleh keterampilan tambahan yang mudah diterapkan untuk bisnis dan peluang penghasilan di tengah situasi pandemi ini.

Paket pelatihan daring ini menggunakan platform digital Vocasia.id. yang mudah di akses. Terdapat empat paket modul pelatihan yang dapat dipilih salah satunya untuk dapat diikuti secara daring. Pilihan empat modulnya, yaitu kiat sukses memasarkan produk di media sosial, sukses menjadi pengusaha, pelatihan menyunting video, dan kiat menjadi Youtuber.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, pelatihan daring yang  menggunakan platform digital ini sejalan dengan imbauan pemerintah untuk mengurangi aktivitas diluar rumah agar aman dari resiko pandemi Covid-19. Pelatihan dengan platform digital ini bisa diikuti berbagai lokasi wilayah di Indonesia. Peserta yang berminat mendaftar, cukup menggunakan link atau barcode dari BMKG.

"Situasi masyarakat di tengah pandemi dan ekonomi yang prihatin. Kaum muda milenial, selain mendapat materi akademik, sangat memerlukan keterampilan praktis yang dapat dipraktikkan langsung untuk mendapatkan peluang usaha dan upaya mendapatkan penghasilan,” katanya.

Dwikorita mengatakan kegiatan ini akan dibagikan kepada lima Balai Besar BMKG. Masing-masing Balai Besar BMKG akan mendapat 200 paket pelatihan daring yang diserahkan terimakan berupa link atau barcode sebagai akses masuk untuk mengikuti pelatihan.

Materi pelatihan vokasi daring ini, kata dia, mudah diikuti melalui platform digital.  Sehingga mudah diikuti dari mana saja dan kapan saja. Peserta yang mengikuti pelatihan, setelah selesai akan mendapatkan "e-sertifikat".

Manfaat dari mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mendapatkan keterampilan praktis yang mudah diterapkan untuk menjadi pengusaha, melakukan pemasaran produk melalui media sosial, menjadi youtuber atau videographer.

Selanjutnya bisa menjadi peluang bisnis dan penghasilan tambahan untuk kaum muda milenial yang terampil, aktif dan kreatif.  Kegiatan ini merupakan sumbangsih nyata dari BMKG untuk ikut memberi bekal membentuk generasi muda yang terampil untuk mengawal Indonesia yang tangguh dan tumbuh.