Berkah Hari Kemerdekaan, Pedagang Bendera Raup Untung Jutaan Rupiah

Rozali bersama anaknya saat berjualan bendera di Jalan Merdeka Palembang. (Humaidy Aditya Kenedy/Rmolsumsel.id).
Rozali bersama anaknya saat berjualan bendera di Jalan Merdeka Palembang. (Humaidy Aditya Kenedy/Rmolsumsel.id).

Hari Ulang Tahun RI (HUT RI) atau biasa dikenal Hari Kemerdekaan memiliki berkah tersendiri bagi setiap orang, terkhusus para pedagang bendera. Pasalnya, penjualan bendera meningkat drastis ketika jelang Hari Kemerdekaan tersebut.


Seperti diungkapkan Rozali, salah satu pedagang yang berlokasi di Jalan Merdeka. Dirinya mampu meraup untung hingga jutaan rupiah dari penjualan bendera. Beragam bendera ia jual, mulai dari ukuran kecil hingga besar, berbahan pastik hingga dasar, serta pernak-pernik lainnya, yakni umbul-umbul dan background.

“Berjualan hanya ketika Hari Kemerdekaan saja, mulai tanggal 26 Juli hingga 16 Agustus setiap tahunnya. Alhamdulillah kalau diitung bisa sampai Rp5 juta untungnya,” ungkap Rozali kepada Kantor Berita Rmolsumsel, Selasa (9/8).

Diluar berjualan bendera, pria 50 tahun tersebut hanya seorang tukang bangunan dengan pendapatan Rp 100-150 ribu per hari. Oleh sebab itu, di hari bersejarah tersebut dirinya banting setir menjadi penjual bendera.

“Kalau dari jual bendera ini satu hari bisa dapat Rp150-250 ribu, jadi stop dahulu nukangnya,” terangnya.

Adapun harga bendera yang dibanderol Rozali bermacam-macam, mulai dari Rp2-50 ribu untuk bendera sesuai ukuran. Sedangkan untuk umbul-umbul Rp 20 ribu dan background Rp150-250 ribu sesuai motif.

Lebih lanjut, pria yang beralamat di Lorong Roda, Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil tersebut mengaku berjualan bendera tidak hanya sebatas mencari keuntungan. Melainkan melanjutkan pekerjaan yang dilakukan orang tua dan nenek dari Rozali.

“Kalau aku sendiri sudah 10 tahun berjualan, sebelum itu ada bapak dan nenek yang juga sudah lama berjualan bendera,” jelasnya.

Dengan berjualan bendera, Rozali merasa ikut serta menyemarakan Hari Kemerdekaan. “Tentu bangga ya karena peran kita juga sebagai penyemarak Hari Kemerdekaan kita yang sudah 77 tahun ini,” pungkasnya.