Asyiknya Menikmati Sunset, Sambil Ngopi di Pinggir Sawah Desa E Wonokerto

Menikmati Sunset di Desa E Wonokerto/ist
Menikmati Sunset di Desa E Wonokerto/ist

Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan ternyata menyimpan potensi pariwisata yang unik. Diantaranya, menikmati sunset sambil minum kopi di alam terbuka dipinggir sawah lengkap dengan suasana alam pedesaan.


Menikmati angkringan di pinggir sawah dengan pemandangan alam pedesaan/ist

Hal itu bisa dijumpai wisatawan dengan biaya sangat terjangkau dengan relaksasi yang jarang di jumpai saat minum kopi di cafe pada umumnya.

Bagi yang ingin merasakan sensasi ngopi dengan pemandangan alam dan suasana desa dipinggir sawah, para penikmat alam bisa datang ke jalan poros di Desa E Wonokerto, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan. 

Disini, kegiatan ngopi pinggir sawah menjadi tren sebagian remaja dan anak muda di desa itu. Tak pelak kegiatan itu juga menguntungkan para pelaku UMKM seperti usaha angkringan.

Sandi, pemilik usaha angkringan kopi Merasi yang menjajakan kopi pinggir sawah sudah menggeluti bisnis tersebut sejak dua tahun terakhir. Bisnisnya itu dibuka mulai sore hari mulai pukul 15.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

"Kita bukanya tidak sampai malam karena kondisinya dipinggir sawah takut kenapa-kenapa," kata Sandi.

Menikmati sunset lengkap dengan pemandangan alam pedesaan/ist

Usahanya itu ditekuni bersama dengan teman-temannya. Cukup dengan menggelar tikar dan meja kecil dipinggir sawah. 

Tak hanya menikmati suasana alam persawahan, pengunjung angkringan kopi yang datang dapat menikmati latar belakang sunset atau matahari terbenam dari balik bukit botak.

Lebih lanjut, adapun menu angkringan yang disajikan diangkringan kopi Merasi pinggir sawah mulai dari mie, kopi hitam, kopi susu, kopi sachet dan teh tarik. Harga bervariasi mulai Rp3.000 sampai Rp7.000. 

Sementara itu Kabid Objek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Mura, Widya menjelaskan pihaknya mendukung adanya konsep usaha kopi dipinggir sawah yang dijalankan Sandi bersama rekan-rekannya.

Sebab bisnis yang digeluti bersentuhan dengan alam di Desa E Wonokerto. Sehingga termasuk pula ke dalam wisata kreatif. 

"Pariwisata itu menumbuhkan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan pemandangan yang indah," timpalnya.

Kata Widya, artinya pemuda-pemuda yang kreatif mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.