Akhir Pelarian 2 Pelaku Begal Sadis Palembang

Dua pelaku begal sadis di palembang ditangkap polisi/ist (
Dua pelaku begal sadis di palembang ditangkap polisi/ist (

Setelah sempat buron selama 10 bulan, dua pelaku begal sadis di Palembang, Sumatera Selataan, akhirnya ditangkap polisi. 


Kedua pelaku yakni bernama Mahyudin alias Udin (22) dan M Ridho alias Bagong (22). Mereka ditangkap di kawasan Tangga Buntung, Selasa (26/7/2022) malam.

"Setelah dilakukan penyelidikan, akhirnya kedua pelaku berhasil kita tangkap di kawasan Tangga Buntung," kata Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi, Rabu (26/7/2022).

Kronologi kejadian

Tri mengatakan, pelaku ditangkap setelah mendapat laporan dari korbannya bernama Ferdiansyah (23), warga Jalan Sungai Tawar, Kecamatan Ilir Barat (IB) II Palembang.

Kejadian pembegalan itu terjadi di di Jalan Dr Sutomo depan rumah dinas TNI AU Kelurahan Talang Semut Kecamatan Bukit Kecil Palembang, pada Selasa 5 Oktober 2021 lalu, sekitar pukul 01.30 WIB., 

Saat itu, kata Tri, korban dalam perjalanan pulang dengan mengendarai sepeda motor. Ketika melintas di lokasi kejadian, tiba-tiba dipepet oleh kedua pelaku yang berboncengan dengan sepeda motor Genio. 

Kemudian, tersangka Mahyudin alias Udin yang dibonceng, langsung mengeluarkan pisau sambil mengancam dan menyuruh korban berhenti. 

"Ketika korban berhenti, tersangka Mahyudin langsung merampas motor korban. Lalu mereka kabur meninggalkan korban di TKP,” ujarnya.

Atas kejadian itu, korban mengalami kerugian satu unit sepeda motor Honda Scoopy, dan melapor ke Polrestabes Palembang hingga pelaku ditangkap.

Saat ini, untukt mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku sudah mendekam di sel tahanan sementara di Mapolrestabes Palembang.

" Kedua pelaku dikenakan Pasal 365 KUHP tentang Curas, ancamannya di atas 5 tahun penjara,” tegasnya.

Selain mengamankan dua pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu lembar foto copy STNK sepeda motor Scoopy Nopol BG 6970 ACT.

Kemudian, satu unit sepeda motor Genio BG 5904 ACY, dan sebilah senjata tajam jenis pisau. 

Sementara itu, kedua pelaku mengakui perbuatannya yang telah melakukan aksi begal terhadap korban.

Kepada polisi, kedua pelaku juga mengaku sudah beraksi di lima TKP berbeda di Palembang, termasuk membegal sepeda motor milik korban Ferdiansyah. 

“Motornya kami jual di daerah OKU Timur seharga Rp 1.700.000. Uangnya kami bagi dua dan dipakai untuk makan, minum sama beli rokok,” katanya.