Agustus Festival Literasi Digelar, Pelajar dari 17 Kabupaten dan Kota Dilibatkan

Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel Fitriana. (Ist).
Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel Fitriana. (Ist).

Festival literasi 2022 bakal digelar pada 6-8 Agustus mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan Sumatera Selatan itu akan melibatkan pelajaran dari 17 kabupaten dan kota.


Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel Fitriana mengatakan, Festival literasi diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan belajar, membaca, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga, dan bermasyarakat. 

Kemudian pula diharapkan dapat mendongkrak tingkat kegemaran membaca masyarakat di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah provinsi ini yang sudah cukup tinggi mencapai 58 persen.

"Tingkat kegemaran membaca masyarakat provinsi ini sudah cukup tinggi, meskipun demikian akan diupayakan naik lebih tinggi lagi hingga 60 persen lebih pada 2022 ini," katanya.

Oleh karena itu, sambung dia, berbagai kegiatan dilakukan pihaknya untuk meningkatkan minat baca, seperti mengoptimalkan pengoperasian perpustakaan daerah, perpustakaan keliling, dan layanan bacaan digital secara daring.

"Selama pandemi COVID-19, masyarakat banyak beraktivitas di dalam rumah, sebagian waktu dihabiskan untuk membaca. Kegemaran ini harus ditingkatkan dengan memberi kemudahan dalam mengakses bacaan yang dibutuhkan," tandas dia.