780 PPPK Empat Lawang Dilantik, Pj Bupati: Jangan Minta Langsung Pindah Tugas

 Suasana pelantikan PPPK dan CPNS/ist
Suasana pelantikan PPPK dan CPNS/ist

Sebanyak 780 pegawai dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Empat Lawang telah resmi diambil sumpahnya sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 


Upacara pelantikan berlangsung di lapangan Kantor Bupati Empat Lawang, dipimpin oleh Pj Bupati, Fauzan Khoiri Denin.

Fauzan Khoiri Denin menyampaikan bahwa saat ini, Pemkab Empat Lawang memerlukan sekitar 2.300 pegawai baru. Kendala anggaran menjadi penghambat utama untuk penerimaan jumlah tersebut. 

Namun, beliau menyatakan kesediaan untuk merekrut seluruh jumlah tersebut apabila mendapat dukungan anggaran dari pemerintah pusat. Untuk tahun 2024, Pemkab Empat Lawang membuka 500 formasi sebagai langkah awal.

Fauzan berpesan kepada para ASN yang baru dilantik untuk menjalankan tugas sesuai dengan Tupoksi mereka. Beliau menekankan pentingnya kepatuhan terhadap tugas dan fungsi tanpa permintaan perpindahan tugas, kecuali atas kebutuhan pemerintah daerah.

Dirinya lanjut Fauzan, berharap kepada ASN yang baru dilantik ini agar melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing.

"Jangan setelah ini teman-teman meminta untuk beralih tugas, kecuali ada kebutuhan pemerintah daerah. Bisa saja teman-teman dari Tebing Tinggi di Paiker kosong, berangkat ke Paiker, jika tidak siap silahkan angkat bendera putih, berarti kalian tidak mampu," ujarnya.

Para ASN yang baru dilantik diingatkan bahwa mereka adalah pegawai kontrak dan akan dievaluasi berdasarkan kinerja mereka selama satu tahun, sesuai dengan ketentuan konstitusi.

Soleha Apriani, Kepala BKPSDM Kabupaten Empat Lawang, menginformasikan bahwa dari 780 PPPK yang dilantik, terdapat 370 guru, 300 tenaga kesehatan, dan 110 tenaga teknis. 

Selain itu, terdapat 4 lulusan STTD yang diangkat sebagai CPNS tahun 2023 dan 5 lulusan STTD yang diambil sumpahnya sebagai PNS, dengan rincian 2 orang golongan III dan 3 orang golongan II.

Pelantikan ini bertujuan untuk memastikan bahwa PPPK formasi tahun 2023 dan PNS lulusan STTD dapat menjalankan tugas kedinasan dengan dedikasi, kesadaran, dan tanggung jawab penuh sebagai Aparatur Sipil Negara.